Komunitas Pertama BYD di Indonesia Terbentuk Sebelum Mobilnya Ada

Komunitas pertama BYD di Indonesia
Sumber :
  • Dok. BYD Indonesia

VIVA – Build Your Dream, atau BYD merupakan brand pendatang baru. Jenama asal Tiongkok itu masuk Indonesia di awal tahun ini, pada tahap awal ada tiga mobil listrik yang mereka tawarkan, yaitu Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Ketiga mobil listrik tersebut berstatus impor utuh dari China. Namun karena komitmennya ingin membangun pabrik, dan mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air, mereka berhak menerima insentif CBU.

Sehingga harga ketiga mobil listrik BYD tersebut tetap terjangkau, berkat keringanan bebas bea masuk, dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) ditanggung pemerintah. Tapi, insentif itu hanya diberikan selama dua tahun.

Setelah itu mobil listrik mereka, termasuk BYD M6 yang menjadi produk keempatnya yang dirilis pada Juli 2024 wajib diproduksi di dalam negeri. Di mana kawasan Subang, Jawa Barat menjadi lokasi pabrik mereka untuk produksi lokal produknya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan mobil listrik BYD dari diler ke konsumen di tahap awal, atau Juli 2024 mencapai 2.047 unit yang disumbang dari Dolphin, Atto 3, dan Seal.

Sebagian dari konsumen yang sudah menerima unit tersebut membentuk komunitas bernama Beyond yang resmi dideklarasikan di BSD, Tangerang, Minggu 25 Agustus 2024.

Head of PR and Government Relation PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan, mengaku bangga bisa merangkul komunitas Beyond yang menjadi simbol harapan untuk masa depan mobilitas berkelanjutan di Indonesia.

"Kami berharap 'BEYOND' akan menjadi wadah dimana anggotanya dapat berbagi pengalaman, tumbuh bersama, dan berkontribusi dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Dengan kolaborasi erat, kami yakin dapat menciptakan dampak positif lebih besar dan bersama-sama mewujudkan visi mobilitas yang lebih bersih dan berkelanjutan di Indonesia," ujar Luther, dikutip dari keterangannya, Senin 26 Agustus 2024.

Menariknya dari perkumpulan tersebut, yaitu sudah terbentuk sebelum konsumen menerima unitnya. Tujuan dari komunitas ini menyatukan pemilik dan penggemar, serta menjadi wadah berbagi pengalaman, pengetahuan, dan semangat terhadap mobilitas berkelanjutan.

Memiliki visi kuat menjadi komunitas yang tidak hanya mempererat hubungan antar pengguna, tapi berperan aktif dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Beyond akan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti kumpul bersama yang diisi dengan sharing session, kegiatan sosial & lingkungan, serta advokasi untuk mempererat komunitas, berbagi pengetahuan, dan melaksanakan kegiatan publik guna mendorong adopsi kendaraan listrik.

Saat ini sudah 278 konsumen yang menjadi anggota Beyond, berperan strategis dalam memperkuat posisi BYD di pasar kendaraan listrik Indonesia, menjadi aset berharga dalam membangun kesadaran masyarakat, meningkatkan keterlibatan konsumen, dan mendorong adopsi kendaraan listrik. 

Tesla dan BYD Berebut Dominasi di Industri Kendaraan Listrik Global