Gaji Per Bulan Masih Segini Jangan Ngarep Bisa Kredit Hyundai Creta

Hyundai Creta Alpha diluncurkan di IIMS 2024
Sumber :
  • Dok: HMID

VIVA – Hyundai Creta menjadi mobil pertama yang dipasarkan oleh PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) dalam status produk lokal. Mobil SUV kompak tersebut selama menjadi terlaris kedua di kelasnya setelah Honda HR-V.

Belum Punya Tabungan Segini Jangan Mimpi Bisa Kredit Fortuner Baru

Creta versi Indonesia dibuat berbeda dengan India. Mengusung bahasa desain parametric dynamics. Terdapat lampu DRL yang terintegrasi dengan gril, dan lampu utama seakan-akan tidak terlihat ketika dimatikan. 

VIVA Otomotif: Hyundai Creta

Photo :
  • VIVA Otomotif
Punya Uang Segini Bisa Kredit Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus

Bagian belakang lampu pengereman model bumerang, dan spoiler lengkap dengan high monted stop lamp. Secara penampilan memang lebih atraktif, dan berbeda dibandingkan Creta yang sudah meluncur di India pada tahun lalu.

SUV kompak itu dilengkapi panoramic sunroof seperti halnya mobil-mobil mewah. Sistem hiburannya didukung speaker lansiran Bose, panel instrument untuk informasi kendaraan 10,25 inci full warna alias TFT LCD.

Ternyata Kredit Mobil Listrik Bekas Susah, Leasing Takut Gara-gara Ini

Selain itu, mobil pesaing Honda HR-V tersebut disematkan teknologi konektivitas yang disebut Bluelink, yang membuatnya bisa terhubung dengan smartphone melalui jaringan internet dengan aplikasi.

Sistem konektivitas itu agak mirip dengan Internet of Vehicle milik Wuling Almaz RS. Jika terhubung dengan gadget, penggunannya bisa mendapatkan informasi penting soal mobil, dan melalukan perintah dari jarak jauh. 

Dibekali mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.497cc dengan tenaga maksimal 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144,1 Nm di 4.500 rpm. Disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan, dan matik IVT (Intelligent Variable Transmission).

Hyundai Creta ditawarkan dalam 6 varian, harganya mulai Rp297,300 juta tipe Active manual, sampai Rp419,800 juta tipe Prime IVT two tone. Lalu gimana jika tertarik dengan varian terendah?

Ada berbagai paket kerdit yang disediakan diler dengan menggandeng lembaga pembiayaan. Salah satunya seperti yang disediakan BCA Finance, dengan menawarkan uang muka ringan mulai 20 persen.

Artinya jika memilih Creta tipe paling bawah, konsumen perlu merogoh kocek di awal Rp59,460 juta, lalu jika nilai DP diperbesar ada paket cicilan paling rendah, yaitu mulai Rp5,748 juta per bulan, seperti yang terlihat dalam simulasi kredit website KKB BCA.

Perhitungan tersebut belum termasuk promo diler, dan leasing selama Agustus. Kemudian jika memilih Mandiri Utama Finance, cicilang paling murah berada di angka Rp5,201 juta selama 60 bulan.

Nilai angsuran tersebut berlaku jika konsumen menggelontorkan uang TDP sebesar Rp93,030 juta, dan bunga yang diberikan selama 4 tahun cicilan 4,56 persen, seperti yang terlihat dari simulasi kredit di website resmi Mandiri Finance.

Jika berkaca dari simulasi kredit tersebut, karyawan dengan upah minimun regional, atau UMR Jakarta belum bisa memilikinya, karena aturan baku leasing nilai angsuran harus tiga kali lipat lebih besar dari gaji, atau minimal sekitar Rp15 jutaan jika angsuran per bulan Rp5 jutaan..

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya