Siap Meluncur di Indonesia, MPV Listrik Rp300 Jutaan Bisa Jalan Sejauh Ini

MPV listrik Maple 80V atau Aletra EV
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Indonesia diserbu brand mobil asal China, terbaru Geely melalui Altera yang merupakan brand aliansinya siap menjual MPV (Multi Purpose Vehicle) listrik harga terjangkau sebagai calon pesaing BYD M6.

BYD M6 Sudah Ditunggu Ribuan Orang, Tapi Diler Baru Terima Unit Segini

Melalui Instagram Aletra Cars Indonesia, model pertama yang akan mereka pasarkan sudah dibocoran melalui foto dan video siluetnya. Bentuknya terlihat seperti MPV yang masih satu platform dengan Livan Maple 80V.

MPV listrik Geely Aletra EV di Indonesia

Photo :
  • Screenshot Instagram
Siap Meluncur di RI MPV Listrik Ini Lebih Lebar dari Innova Zenix dan BYD M6

Livan Maple 80V merupakan MPV listrik yang dikembangkan dari Geely Jiaji. Kini mobil pelahap seterum itu akan memiliki nama berbeda untuk pasar Indonesia, yaitu Aletra EV.

Di negara asalnya Maple 80V dibanderol 161,700 yuan, atau setara Rp353,757 juta sampai 178,700 yuan atau Rp390,948 juta. Artinya jika tidak ada kenaikkan saat dipasarkan di Tanah Air, menjadi pesaing ketat BYD M6.

Mobil Listrik Pesaing BYD Dolphin Ini Dijual Rp172 Juta

Karena saat ini M6 dilego mulai Rp379 juta untuk tipe Standard, dan Superior Rp419 juta, serta Superior Captain Seat Rp429 juta on the road.

Secara dimensi, MPV listrik Geely itu memiliki panjang 4.706 mili meter, lebar 1.909 mm, dan tinggi 1.699 mm. Jarak poros roda depan ke belakang 2.700 mm, artinya sedikit lebih lebar dari BYD M6.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan MacPherson independent, belakang torsion beam, dengan ukuran velg 18 inci, dan sistem pengeremannya didukung ABS, serta sudah cakram depan, dan belakang.

Mobil keluarga pelahap seterum itu juga memiliki konfigurasi 7-penumpang. Untuk tipe terendah mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP berkapasitas 50,4 kWh yang diklaim jarak tempuhnya 407 kilometer.

Sedangkan tipe tertinggi kapasitas baterainya 68,08 kWh, dan menurut pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle) jarak tempuhnya 515 km.

Soal tenaga yang dihasilkan, kedua varian tersebut sama-sama mengadopsi dinamo penggerak roda depan berdaya 100 kW, atau 134 dk dan torsi 230 Nm. Untuk kecepatan maksimalnya dibatasi, hanya 130 km per jam.

Untuk mempermudah penggunanya saat pengisian baterai, MPV listrik itu sudah didukung colokan pengisian cepat model CCS2 yang bisa menerima arus satu arah, alias DC yang diklaim hanya butuh waktu 30 menit.

Sebagai unsur kemewahan, mobil ramah lingkungan tersebut memiliki panoramic sunroof, dan tersedia konfigurasi 6-penumpang dengan captain seat di baris kedua, serupa dengan tipe tertinggi di BYD M6.

Kemudian semua joknya dibalut bahan semi kulit, dan untuk pengemudi sudah dilengkapi pengaturan elektrik, lalu terdapat teknologi cerdas untuk sistem keamanannya.

Interior MPV listrik Aletra EV atau Maple 80V

Photo :
  • Istimewa

Untuk sistem hiburannya terdapat head unit model floating di tengah, namun ada varian yang tidak memiliki sistem hiburan, hanya terdapat colokan untuk pengisian daya baterai handphone, dan panel instrument di belakang kemudi yang sudah digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya