Warga Korea Selatan Ramai-ramai Jual Mobil Listrik Miliknya, Ini Penyebabnya

Ilustrasi gambar mobil listrik Mercedes-Benz EQE terbaru
Sumber :
  • Carscoops

Jakarta, VIVA –  Terjadi kepanikan di Korea Selatan, di mana banyak masyarakat yang menjual mobil listrik miliknya. Ini tak lepas dari kasus kebakaran mobil listrik yang terjadi beberapa waktu lalu, hingga menelan kerugian banyak.

Cuma Jualan Mobil Listrik, Berapa Banyak yang Beli Brand Ini di Indonesia

Sebelumnya terjadi insiden kebakaran kendaraan listrik (electronic vehicle/EV) di sebuah blok apartemen pada 1 Agustus lalu. Imbas kebakaran tersebut bangunan langsung rusak parah.

Insiden tersebut berawal dari mobil listrik Mercedes-Benz  EQE 350+ yang terbakar saat diparkir di bawah bangunan tempat tinggal. Para petugas membutuhkan waktu delapan jam untuk memadamkan api. 

Harga Masih Misteri, Chery Klaim iCar 03 Telah Terpesan 150 Unit Lebih

Akibat kejadian itu, merembet kepada 140 mobil lain yang terparkir di sekitarnya. Insiden tersebut memaksa Kementerian Lingkungan Lingkungan Hidup Korea Selatan, mengungkapkan berencana mengadakan pertemuan darurat untuk membahas penanggungalan kebakaran yang disebabkan kendaraan listrik.

Mobil terbakar di parkiran karena terbakarnya mobil listrik

Photo :
  • nationthailand
Jaksa Jemput Paksa Warga Korea Usai Gelapkan Dana Senilai Rp26 Miliar

Dikutip VIVA Otomotif dari DW, akiba insiden tersebut banyak yang menjual mobil listrik Mercy EQE di Korea Selatan. Tercatat ada 100 unit lebih yang masuk daftar jual di platform jual-beli mobil bekas populer di Korea Selatan, SK Encar. 

Per 16 Agustus lalu total EQE yang ditawarkan jual di platform itu mencapai 115 unit. Pada platform jual beli mobil bekas lainnya, K Car, tercatat kasus jual mobil listrik meningkat 184 persen pada pekan pertama Agustus ketimbang pekan sebelumnya.

Hal tersebut langsung berdampak pada jatuhnya harga mobil listrik di Korea Selatan. Sebelum insiden kebakaran EQE dijual 60 juta won hingga 70 juta won atau sekitar Rp695,5 juta sampai Rp811,4 juta.

Mobil listrik Mercedes-Benz EQE resmi dijual

Photo :
  • Mercedes-Benz Indonesia

Kini, untuk EQE 300 tahun 2023 sekarang banderolnya hanya 59 juta won atau sekitar Rp683,9 juta, jauh dari harga barunya yaitu sekitar Rp1,06 miliar. Hyundai pun ketar-ketir sebagai produsen mobil listrik nomor satu di Korsel.

Hingga, Hyundai membuat program khusus berupa diskon 5 juta won buat Kona Electric dan diskon 10 persen untuk Ioniq 5. Bahkan, Genesis juga memangkas harga sampai 5 persen untuk semua model.

Pabrikan asal Eropa, seperti BMW, juga menawarkan diskon lebih dari 12 persen untuk i7 dan iX. Audi pun lakukan hal seruoa, mengumbar diskon nyaris 30 persen untuk model e-tron termasuk varian performa RS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya