Porsche Rayakan 50 Tahun 911 Turbo dengan Model Edisi Eksklusif

Porsche 911 Turbo Edisi 50 Tahun
Sumber :
  • Porsche

Stuttgart, VIVA – Pabrikan otomotif asal Eropa, Porsche memperingati perayaan 50 tahun dari Porsche 911 Turbo dengan meluncurkan model edisi eksklusif dari mobil sport ikoniknya.

Pengamat Sarankan Prabowo Pertahankan Jenderal Listyo Sigit sebagai Kapolri

Mobil ini memadukan performa menarik dan material terbaik dengan elemen desain eksklusif terutama pada bagian interior dan eksterior.

Edisi 911 Turbo 50 Tahun ini akan berbasis pada 911 Turbo S yang telah diperkenalkan pada 2019 lalu. Mobil ini direncanakan bakal diproduksi sebanyak 1.974 unit, sebagai penghormatan kepada tahun debut model aslinya.

Hasil Pertandingan PSBS Biak Vs Persija: Macan Kemayoran Tersapu Badai Pasifik

Lebih lanjut, grafis vinil samping standar adalah isyarat dari corak bersejarah Porsche 911 RSR Turbo yang dipresentasikan di Frankfurt Motor Show pada tahun 1973, yang merupakan pelopor 911 Turbo.

Porsche 911 Turbo Edisi 50 Tahun

Photo :
  • Porsche
Gerindra Lombok Barat Turun Tangan Bantu Bocah 4 SD yang Rawat Ayah Pengidap Kanker

Mobil ini menampilkan warna Turbonite eksklusif Porsche Turbo saat ini, yang di sini tampil pertama kali pada 911.

Turbonite juga digunakan pada inlay di penutup mesin belakang, tutup tangki bensin, dan lambang Porsche.

Ini juga digunakan sebagai warna kontras pada logo model Turbo 50. Referensi historis lainnya adalah penggunaan Anthracite Grey pada wing blade belakang, apron belakang, dasar cermin dan trim intake udara.

Badge pada cover grille mesin belakang menampilkan ikon turbocharger dan tahun "1974-2024".

Ketika pintu terbuka, proyektor pintu LED memproyeksikan gambar turbocharger ke tanah di samping mobil.

911 Turbo 50 Tahun ini hadir dengan pelek desain eksklusif 911 Turbo S dengan bahan Turbonite sebagai standar.

Bagian interior pada 911 Turbo 50 Years juga bernuansa sejarah Turbo. Sebagai penghormatan eksklusif untuk model Porsche 911 Turbo awal, motif tartan McKenzie yang ikonik menghiasi panel tengah dari cover seat dan panel pintu interior.

Kontras tambahan pada Turbonite semakin membedakan mobil ini dari model produksi seri 911 Turbo S biasa.

Aksen Turbonite ini meliputi sabuk pengaman, kontrol, jahitan dekoratif, strip trim dengan inlay dekoratif pada kulit hitam dan Porsche crest pada roda kemudi sport GT.

Sementara itu, logo Turbo 50 yang menyala ditampilkan pada door kick plate, yang dilapisi dengan aluminium hitam.

Logo tersebut dibordir pada sandaran kepala Adaptive Sports Seats Plus. Terdapat juga logo Turbo 50 di bagian belakang kursi belakang kiri.

Pilar A, pelindung matahari, dan lapisan atap dilapisi dengan Race-Tex berlubang. Jam analog Porsche Design Subsecond dengan desain khusus Turbo 50 menghiasi dashboard.

Terkait dapur pacu, Porsche 911 Turbo 50 Years juga didasarkan pada 911 Turbo S, yakni mesin boxer 3,7 liter dengan variable turbine geometry (VTG) twin turbocharging menghasilkan 478 kW (650 PS) dan torsi 800 Newton meter.

Dengan kerb weight 1.640 kilogram, hasilnya adalah rasio power-to-weight sebesar 2,52 kg/PS. 911 Turbo 50 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dan mencapai kecepatan 200 km/jam dalam waktu 8,9 detik.

Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi kopling ganda 8-percepatan (PDK) dan Porsche Traction Management (PTM) all-wheel-drive aktif dengan Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus), termasuk penguncian diferensial belakang yang dikontrol secara elektronik dengan distribusi torsi yang dapat diubah-ubah.

Suspensi sport Porsche Active Suspension Management (PASM) yang lebih rendah 10 milimeter dan sistem pengangkatan pada gandar depan juga disertakan sebagai standar, seperti halnya lampu depan matriks LED, termasuk Porsche Dynamic Light System Plus.

Porsche 911 Turbo 50 Years dibanderol mulai dari harga US$261.100 atau sekitar Rp4 miliar ditambah biaya pengiriman, pemrosesan, dan penanganan sebesar US$1.995.

Harga tersebut US$30.700 lebih mahal daripada 911 Turbo S Coupe 2025 yang menjadi dasarnya dan menambahkan Heritage Design Package “50 Years Turbo” akan menaikkan harganya lebih tinggi lagi.

Sebagai informasi, pengiriman model eksklusif ini di Amerika Serikat dimulai pada akhir tahun 2024.

Kemudian, Porsche juga menawarkan kronograf edisi terbatas dengan muka hitam dan aksen Turbonite, yang dibatasi hanya sebanyak 1.974 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya