Ternyata Leasing Gak Langsung Tarik Mobil Kredit yang Nunggak Cicilan

VIVA Otomotif: Ilustrasi kredit mobil
Sumber :
  • Dok: OK Bank

VIVA – Memiliki mobil menjadi impian sebagian orang, selain digunakan sebagai alat transportasi di dalam kota, atau jarak jauh, mengendarai mobil juga menjadi penunjang penampilan.

Namun tidak semua orang mampu membeli mobil baru dengan cara tunai, bagi mereka yang memiliki keuangan terbatas biasanya memilih jalan kredit untuk meminang mobil impiannya.

Punya Uang Segini Bisa Kredit Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus

Asuransi mobil

Photo :
  • Lifepal


Banyak lembaga pembiayaan yang bekerjasama dengan diler mobil, berbagai program pembelian ditawarkan demi mempermudah konsumen memiliki unit. Mulai dari uang muka ringan, cicilan rendah, dan diskon khusus.

Meski di awal konsumen sudah merasa mampu dengan paket kredit yang sudah diajukan, tapi ada saja yang tidak mampu membayar angsuran di tengah jalan, atau menunggak cicilan.

Ada banyak faktor yang membuat kondisi keuangan debitur tiba-tiba berubah, dan tidak mampu membayar angsuran dari waktu yang sudah disepakati. Jika sudah begitu, biasanya hal yang tidak diinginkan konsumen adalah mobil ditarik leasing.

Namun menurut Group Function Committee Leader Communication & ESG Astra Financial, Yulian Warman, pada dasarnya setiap perusahaan pembiayaan punya aturan berbeda-beda dalam menangangi kredit macet kendaraan, tapi bisa dikomunikasikan sebelum ditarik.

"Intinya tetap berkomunikasi agar tidak merepotkan lising dalam mencari kepastian," ujar Yulian pada saat itu.

Salah satu contohnya, lebih lanjut dia menjelaskan ada cerita saat menghadapi debitur yang sudah dikira melarikan diri. Namun ternyata rumahnya pindah, dan pada saat itu dalam kondisi menunggak angsuran.

"Ada kasus mobil waktu itu gak ngomong pindah rumah telat bayar sampai 3 kali. Akhirnya company pakai jasa itu (debt colector) jadi sebenarnya komunikasi saja," tuturnya.

Dia mengatakan, setelah ditelusuri, salah satu tim melihat mobil yang menunggak cicilan tersebut pada malam hari, hingga akhirnya saat pagi hari dihampiri ke rumah baru debitur tersebut.

"Saat itu ketemu mobil malam, besok pagi datang. Dia bilang cewek itu mengaku suami dari yang punya mobil, padahal istrinya sudah meninggal. Jadi banyak kasus yang menghindar saat kredit macet," ungkapnya.

Menurutnya tidak perlu khawatir jika tidak punya dana yang cukup untuk membayar angsuran, lebih baik debitur mediasi, atau memberikan kabar agar ketemu jalan keluarnya bukan menghindar. Hingga akhirnya terjadi salah paham, dan kendaraan ditarik leasing.

Video Viral Pesanan Mobil Baru Tersiram Cat Saat Proses Pengiriman Unit
Toyota Fortuner Terbaru

Belum Punya Tabungan Segini Jangan Mimpi Bisa Kredit Fortuner Baru

Toyota Fortuner baru mendapatkan sejumlah perubahan, dan kenaikkan harga dari versi sebelumnya. Maka untuk kredit mobil tersebut konsumen perlu menyiapkan tabungan lebih.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2024