Harga Rp200 Jutaan, Ini Perbandingan Neta V-II dan VinFast VF5

Mobil listrik Neta V-II
Sumber :
  • Neta Auto Indonesia

Jakarta, VIVA – Pasar otomotif Indonesia kini mulai ramai dengan berbagai pilihan mobil listrik. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya mengurangi emisi karbon dan mendukung transportasi ramah lingkungan.

Banyaknya Merek Pendatang Baru Bikin Harga Mobil Listrik Turun

Saat ini terdapat ragam mobil listrik pendatang baru di Tanah Air, sebut saja Neta V-II asal China dan VinFast VF5 asal Vietnam. Keduanya menawarkan desain menarik dan keunggulan lainnya masing-masing.

Bahkan, kedua mobil listrik ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp299 juta untuk Neta V-II, sementara VinFast VF5 dibanderol mulai dari Rp242 juta.

Terpopuler: Keluhan Pengguna Esemka Bima, Dispensasi SIM Mati

Vinfast VF 5

Photo :
  • Vinfastotohaiphong

VinFast VF5 dan Neta V-II juga nampak mirip dari segi bodi, Masuk ke dalam segmen Compact Sport Utility Vehicle (Compact SUV), keduanya memilii kapasitas 5-seater.

Kawin Silang Hyundai dan GM Siap Lahirkan Mobil Listrik dan Hidrogen

Terkait dimensi, VF 5 memiliki ukuran panjang 3.967 mm, lebar 1.723 mm, tinggi 1.578 mm, dan wheelbase 2.514 mm.

Sementara V-II punya dimensi panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm, dan wheelbase 2.420 mm.

Dari segi fitur, Neta V-II lebih mmeiliki keunggulan, yaitu adanya 9 Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) lengkap dengan Adaptive Cruise Control (ACC), Traffic Jam Assist, Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), dan lainnya.

Kendati demikian, VinFast VF5 tetap dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti 4 airbag, ABS (anti-lock braking systems), EBD (Emergency Brake-force Distribution), BA (Emergency Brake Assist), dan ESC (Electronic Stability Control).

Terkait performa, VinFast lebih unggul tenaga maksimumnya sementara Neta lebih menang di bagian torsi.

VF 5 menggunakan satu motor elektrik dengan tenaga puncak 100 kW dan torsi maksimum 135 Nm. Untuk V-II juga menggunakan satu motor elektrik dengan tenaga puncak 70 kW, tapi torsi maksimumnya lebih besar, 150 Nm.

Output motor elektrik tersebut disalurkan ke roda depan pada masing-masing mobil. Kesamaan lain dari VF 5 dan V-II ialah keduanya menggunakan baterai jenis Lithium Ferro Phosphate (LFP).

Dalam hal ini, V-II memiliki kapasitas baterai lebih besar, yakni 36,1 kWh. Baterai ini diklaim mampu membawa V-II melaju hingga 384 km (tes NEDC) dalam sekali cas.

Sedangkan, VF 5 dibekali baterai 31,2 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh maksimal sekitar 260 km (tes NEDC). Adapun hal yang menarik, kedua mobil listrik ini sudah didukung oleh fast charging.

Dengan berbagai keunggulan dan kekurangan masing-masing, pilihan antara Neta V-II dan VinFast VF 5 tergantung pada prioritas dan kebutuhan pengguna, seperti jarak tempuh yang lebih jauh atau fleksibilitas dalam metode pembelian.

Kedua kendaraan elektrifikasi ini sangat cocok menjadi pilihan bila masyarakat mengincar mobil listrik entry level Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya