Semua Mobil Listrik Bisa Dibuat Wuling, Termasuk MPV Pesaing BYD M6

Wuling Hongguang / Wuling Confero Hybrid
Sumber :
  • Carnewschina

VIVA – Wuling Motors akan produksi mobil MPV listrik (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia. Rencana itu terungkap saat Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang berkunjung ke markasnya di Beijing, China, Juni 2024.

Neta X Akhirnya Mulai Diproduksi di Bekasi, Harga Resmi Menyusul

Menanggapi hal tersebut, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, bahwa yang perlu diluruskan adalah bukan cuma MPV listrik yang bisa dibuat, namun semua jenis mobil sesuai kebutuhan.

Menurutnya Wuling menjanjikan dalam tanda kutip MPV listrik kepada Kemenperin, intinya karena Indonesia market terbesarnya MPV, pertanyaan aslinya apakah Wuling bisa memenuhi permintaan masyarakat.

SUV Listrik Bergaya Off-road dari Chery Bakal Dijual di Bawah Rp700 Juta

“Jawabannya Wuling memiliki kemampuan untuk mengembangkan platform mulai dari MPV, SUV, sedan di China juga ada, kendaraan komersial juga ada,” ujarnya di Jakarta, dikutip, Jumat 16 Agustus 2024.

Brand berlogo lima berlian itu memiliki kemampuan untuk memproduksi semua jenis mobil listrik di Indonesia, terlebih di pasar global. Sehingga masing-masing segmen dilakukan studi, berdasarkan bentuk, dan ukuran.

Siap-siap, Mobil Mewah BYD Meluncur Minggu Depan

“Misalnya bukan MPV, justru sedan, atau pikap ke depannya yang potensinya jadi bagus, kita juga bisa fleksibel menanggapi permintaan tersebut. Jadi MPV belum merupakan janji yang pasti, tapi sudah masuk rencana, studi, dan pengembangan di internal Wuling,” tuturnya.

Di pasar global, baru-baru ini bocoran MPV listrik baru Wuling muncul, secara bentuk mirip Confero, atau Cortez, memiliki desain boksi, dengan dimensi yang cukup tinggi untuk mengangkut 7-penumpang.

Mengutip Carnewschina, mobil ramah lingkungan bernama Wuling Hongguang itu memiliki panjang 4.515 mili meter, lebar 1.725 mm, dan tinggi 1.790 mm. Bukan hanya listrik murni, tersedia juga versi bensin.

Untuk powertrain listrik berbasis baterai, jarak tempuh produk barunya itu dikalim 300 kilometer, namun soal kapasitas baterai, dan tenaga dari dinamo penggerak rodanya belum terungkap.

Sebelumnya saat Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi markas Wuling, Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong berjanji akan membuat mobil listrik sesuai kebutuhan pasar, termasuk MPV.

“Rencana ke depan yang akan dijalankan oleh Wuling Indonesia diantaranya menjajaki pasar Australia, New Zealand, Malaysia, dan Afrika Selatan. Kemudian jua rencana memproduksi EV jenis 7-seater MPV,” ujar Guoyong, dikutip dari keterangan resmi Kemenperin.

Artinya Wuling bisa menjadi ancaman baru buat BYD M6 yang baru dirilis di Indonesia, dan konsumen akan memiliki pilihan MPV listrik di kelas yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya