Tahun Ini Hyundai Siap Rilis 3 Mobil Baru, Salah Satunya Pesaing Fortuner

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023
Sumber :
  • Dok: Hyundai

VIVA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan meluncurkan 3 mobil baru lagi di tahun ini. Salah satunya di kelas SUV (Sport Utility Vehicle) yang diduga menjadi pesaing Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Rekomendasi Mobil Terbaru yang Siap Taklukkan Medan Off-road

“Ini kita masih sisa 5 bulan lagi Hyundai memastikan kita akan ada 3 produk baru yang akan meluncur. Intinya ada yang CKD dan ada yang CBU," ujar COO PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto, dikutip, Kamis 15 Agustus 2024.

Hyundai Santa Fe tertangkap kamera lagi tes jalan

Photo :
  • TikTok
Lintasi Offroad, Ini Impresi Duduk di Kursi Penumpang Fortuner Terbaru

Menurutnya meski waktunya sudah mepet, namun produk baru perlu dihadirkan karena menjadi salah satu cara untuk mendongkrak penjualan, di mana tahun ini daya beli masyarakat terhadap mobil baru menurun.

"Karena market sekarang turun, salah satu strategi Hyundai adalah memperkenalkan produk-produk baru supaya orang yang tadinya menahan pembelian itu bisa tertarik untuk membeli kendaraan," tuturnya.

Terkait ketiga produk baru yang dimaksud, Soerjo sapaan akrabnya hanya memberikan bocoran dari sisi powertrain, yaitu listrik murni berbasis baterai, hybrid, dan konvensional.

"Ya mungkin at least 2 SUV. Satunya masih mobil listrik. Hybrid. Satunya (mungkin) ya boleh (mobil ICE)," katanya.

Kawin Silang Hyundai dan GM Siap Lahirkan Mobil Listrik dan Hidrogen

Berkaca dari keterangan yang dijelaskan, dugaan kuatnya SUV yang dimaksud dengan kategori hybrid adalah All New Santa Fe. Mengingat mobil SUV pesaing Fortuner, dan Pajero Sport itu sudah beberapa kali tertangkap kamera sedang uji coba di Indonesia.

Dalam proses uji coba jalan, Santa Fe terbaru itu tertutup rapat kamuflase, namun tetap terlihat dari lelukan garis desain yang boksi di bagian belakang dan depan. SUV itu mengalami perubahan total, terutama pada tampilan luarnya.

Sebelumnya Santa Fe yang masuk pasar Indonesia adalah versi baru yang dirilis 2021, bentuknya masih sama dengan versi-versi sebelumnya, membulat dengan konsep elegan yang diciptakan sebagai pesain Honda CR-V.

Namun pada generasi terbarunya, Santa Fe berubah total. Bentuk bodinya sekilas mirip Land Rover, atau mobil-mobil SUV di pasar Amerika Serikat yang cendrung bongsor, dengan lekukan serba kaku dibuat futuristis.

Meski terlihat besar, panjangnya tidak sampai 5 meter alias hanya 4.830 mili meter, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.720 mm. Tapi  lebih panjang 45 mm, lebih tinggi 10 mm, dan wheelbase lebih panjang 50 mm dari versi sebelumnya.

Mesin SUV besutan Korea Selatan itu terdapat dua pilihan di pasar global. Pertama, ada mesin bensin 2.500cc turbo berkode Theta III dengan tenaga maksimal 281 PS, dan torsi 421 Nm, berpenggerak empat roda.

Sedangkan pilihan keduanya dibuat ramah lingkungan dengan menggabungkan mesin 1.600cc turbo dengan motor listrik, alias hybrid. Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya