Tak Ada Motor, Ini Mobil Andalan Agus Gumiwang yang Jadi Plt Ketum Golkar

Plt Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA –  Partai Golkar rampung menggelar rapat pleno untuk menentukan Pelaksana tugas  atau Plt ketua umum partai pengganti Airlangga Hartarto pada Selasa, 13 Agustus 2024. Dalam rapat pleno itu disepakati Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar.

Viral Pemilik MG 4 EV Tak Boleh Ngecas di Dealer Resmi, Ini Kata MG Indonesia

"Rapat pleno telah mengesahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," kata Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid, di Jakarta Barat.

"Bahwa dalam rapat pleno yang baru saja selesai secara musyawarah dan mufakat, saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar," ucap Agus.

Masih Banyak Konsumen Ragu Gunakan EV, Ini Kata MG

Menteri Perindustrian yang juga Plt Ketum Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita

Photo :
  • Kementerian Perindustrian

Sebelumnya diberitakan, Airlangga Hartarto, menyatakan mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Walau pada Pemilu 2024 ini, suara Golkar naik signifikan. Dalam video yang diterima, Airlangga menjelaskan bahwa dirinya mengundurkan diri untuk menjaga keutuhan Partai Golkar.

Suzuki Siapkan Tiga Mobil Listrik Baru, Salah Satunya eVX

Menarik menyimak isi garasi dari Agus Gumiwang yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustrian tersebut. Berdasarkan data di LHKPN, Agus memiliki harta sebesar Rp197.538.748.706, atau Rp197 miliar.

Harta tersebut dilaporkan Agus pada 27 Maret 2024 untuk periodik 2023. Jika menilik dari data LHKPN, Agus hanya memiliki dua kendaraan saja, di mana tidak memiliki motor.

Agus hanya melaporkan dua mobil saja yang dimilikinya. Pertama ada Mitsubishi Pajero Sport tahun 2019 yang ditaksir harganya Rp400 juta, mobil tersebut didapatnya dari hasil sendiri.

Sedangkan mobil keduanya adalah model terbaru dan merupakan mobil listrik Toyota BZ4x tahun 2022. Mobil itu ditaksir harganya Rp1.050.000.000 atau Rp1 miliaran dan didapat dari hasil sendiri.

Soal mobil bZ4X, menggunakan rancang bangun e-TNGA, atau Toyota New Global Architecture, dan menjadi kendaraan ramah lingkungan pertama mereka yang diracik bersama Subaru sebagai aliansinya.
Mengandalkan baterai 355 volt, atau 71,4 kilowatt hour.

VIVA Otomotif: Peluncuran mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Berdasarkan pengujian internal bisa mencapai 500 kilometer. Menariknya di dalam SUV tersebut disematkan radiator, atau sistem pendingin agar mencegah baterai panas saat digunakan berkendara, serupa dengan Ioniq 5.

Mobil SUV listrik asal negeri sakura itu hanya butuh waktu 30 menit untuk pengisian baterai dari kondisi nol ke 80 persen menggunakan arus tipe DC dengan minimal 7.700 watt. Sementara jika menggunakan tipe AC, butuh kelistrikan minimal 3.500 watt.

Soal performanya, Toyota bZ4X dibekali motor listrik AC Synchronous berdaya 150 kilowatt, atau setara 204 dk dengan torsi puncak 266 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya