Intip Spesifikasi Taksi Listrik Bluebird di IKN

BlueBird siapkan Hyundai Kona EV di IKN
Sumber :
  • Instagram @Sigitdjokosoetono

Jakarta, VIVA – PT Blue Bird Tbk telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menyediakan taksi listrik untuk beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk diketahui, kendaraan yang bakal dihadirkan berupa Hyundai Kona EV.

Bus dan Taksi Listrik Bluebird Siap Beroperasi Saat HUT RI di IKN

Bahkan taksi listrik ini juga siap untuk menjadi alat transportasi saat perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang di IKN. 

"Kontribusi Bluebird di IKN, mencakup penyediaan transportasi ramah lingkungan seperti bus elektrik dan taksi listrik, berupa Hyundai Kona EV," ujar Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk kepada VIVA pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Hyundai Kona EV Bakal Jadi Armada Taksi Listrik di IKN

Kona Electric

Photo :
  • Arianti Widya

Lebih lanjut, taksi listrik Hyundai Kona EV tersebut, kendaraan yang masuk ke dalam segmen Compact Sport Utility Vehicle (SUV) ini akan dibalut livery khas Bluebird.

Dalam Waktu Singkat Hyundai Kona Electric Sudah Dipesan Sebanyak Ini

Terkait spesifikasi, Kona EV dibekali baterai lithium-ion buatan lokal. Untuk tipe Standard Range daya baterainya 48,9 kWh, dan menurut pengujian NEDC (New European Driving Cycle) jarak tempuhnya 448 kilometer.

Untuk motor listrik yang menggerakkan roda depannya bertenaga 156 PS, dan torsi 255 Nm, disalurkan melalui transmisi matik satu percepatan.

Mobil listrik ini sudah dibekali dengan model cluster speedometer yang menyatu dengan layar head unit yaitu AVNT (Audio, Video, Navigation, Telematics), juga dapat memberikan informasi dan kebutuhan saat berkendara dengan mudah.

Seperti informasi jarak tempuh, lama perjalanan, konsumsi energi, tekanan ban, dan lain sebagainya.

Kemudian pada head unit selain bisa terkoneksi dengan Apple Car Play dan Android Auto, terdapat juga informasi mulai dari cuaca terkini, kondisi kendaraan, kalender, kiblat untuk sholat dan lainnya.

Ada juga informasi soal status baterai, mulai dari sisa betarai dan jarak tempuh, lalu juga ada informasi terkait stasiun SPKLU terdekat.

Sebagai informasi tambahan, Hyundai Kona EV baru saja diluncurkan pada pameran otomotif GIIAS 2024 dan ditawarkan dalam 5 variam, yaitu Kona Electric Style, Prime Standard Range, Signatue Standard Range, Prime Long Range, dan Signature Long Range

Menyoal harga, mobil listrik ini dibanderol mulai dari Rp499 juta hingga Rp590 juta on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya