Bus dan Taksi Listrik Bluebird Siap Beroperasi Saat HUT RI di IKN

BlueBird siapkan Hyundai Kona EV di IKN
Sumber :
  • Instagram @Sigitdjokosoetono

Penajam Paser Utara, VIVA – Pemerintah telah menetapkan upacara HUT Kemerderkaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Intip Spesifikasi Taksi Listrik Bluebird di IKN

Turut memeriahkan perayaan tersebut,, PT Blue Bird Tbk siap menyediakan transportasi berupa bus listrik dan taksi listrik.

Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung implementasi kendaraan ramah lingkungan di IKN seiring dengan komitmen BlueSky pada Visi Keberlanjutan Bluebird.

Hyundai Kona EV Bakal Jadi Armada Taksi Listrik di IKN

"Komitmen tersebut bakal terwujud dengan adanya kontribusi Bluebird di IKN, mencakup penyediaan transportasi ramah lingkungan seperti bus elektrik dan taksi listrik," ujarnya kepada VIVA pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Penampakan Proyek Pembangunan Kawasan IKN dari Balkon Istana Garuda.

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Fortuner Pelat Dinas dan Taksi BlueBird Cekcok saat Macet di Terowongan Semanggi

Pria yang akrab disapa Andre ini juga mengungkapkan bahwa penyediaan transportasi ramah lingkungan ini tidak hanya berlaku pada perayaan HUT RI saja. Melainkan juga akan beroperasi penuh di IKN.

"Penyediaan taksi dan bus listrik tersebut tidak hanya untuk penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI ke-79 saja, tapi hingga IKN beroperasi penuh nanti," ungkap Andre.

Terkait dengan bus listrik, Andre menuturkan bahwa  pihaknya siap mengoperasikan beberapa tipe yang merupakan hasil kerja sama dengan rekanan.

"Untuk E-Bus, Bluebird akan mengoperasikan beberapa tipe dari partner kami sembari mengevaluasi tipe dan spesifikasi mana yang paling cocok dengan karakteristik operasional di IKN," tuturnya.

Kemudian untuk taksi listrik, Bluebird bakal menghadirkan Hyundai Kona EV yang sudah diluncurkan pada GIIAS 2024 lalu.

"Taksi listrik yang siap kami operasikan didasarkan pada model yang sudah dikenal di pasaran, salah satunya Hyundai Kona EV," kata Andre.

Sebagai tahap awal, Bluebird bakal menyediakan 5 unit E-Bus dan 10 unit taksi listrik untuk penyelenggaraan HUT RI di IKN.

"Masih berpotensi menambah armada mengikuti kebutuhan dan perkembangan," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya