Sering Dikira Pakai Tenaga Gaib, Ini Alasan Bengkel Ketok Magic Selalu Tersembunyi

Bengkel Ketok Magic
Sumber :
  • Arianti Widya

Depok, VIVA – Ketok magic menjadi salah satu metode perbaikan bodi mobil yang cukup diandalkan oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Mau Servis Motor Takut Dicurangi Oknum Bengkel Nakal? Ini Solusinya

Metode ini digunakan untuk menghilangkan penyok dan kerusakan kecil pada bodi kendaraan tanpa harus melakukan pengecatan ulang dan tidak butuh waktu yang lama.

Adapun, bengkel ketok magic di Indonesia umumnya identik dengan lokasi yang tertutup atau tersembunyi dari penglihatan orang-orang. Kondisi ini pun seringkali membuat masyarakat salah paham dengan pengerjaan dari ketok magic.

Servis Kendaraan Makin Praktis, Pemilik Mobil Tak Perlu Repot ke Bengkel

Galuh selaku pemilik bengkel Ketok Magic Galuh Motor di Depok mengungkapkan hal tersebut sudah dilakukan dari jaman dahulu dan memang menimbulkan isu gaib dibalik hal ini.

Ilustrasi bengkel ketok magic.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah
Satu Petugas Damkar Luka di Wajah Terkena Percikan Api saat Padamkan Kebakaran Bengkel di Depok

"Dari jaman dulu, pekerja di ketok magic memang selalu begitu mengerjakan di tempat yang tertutup. Banyak yang kira ini kita kerja dibantuin jin atau gaib, padahal enggak," ujarnya saat ditemui VIVA di Depok, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Menurutnya, alasan dari bengkel ketok magic selalu tersembunyi atau tertutup adalah karena untuk menghindari komentar-komentar dari pemilik mobil saat melihat cara kerja Ketok Magic.

"Simpelnya tuh sebenarnya, ketok magic itu kerjaan kasar. Mobil bagus harga mahal ratusan juta, kita kerjainnya dengan cara kasar, sistem bongkar pasang apalagi pakai palu, ketok-ketok bodi. Nah orang kasarannya, mobil udah di sayang-sayang malah diketok sama kita pake palu, jadi di kiranya kita merusak mobil padahal ini memperbaiki," jelasnya.

Maka dari itu, Galuh menyampaikan bahwa lebih baik para pekerja di ketok magic bekerja secara tertutup.

"Makannya lebih baik mending secara privasi aja pengerjaannya. Satu, kita lebih leluasa. Kedua, kita gak diribetin dengan konsumen. Kita kalau kerja ditungguin kan gak enak," tutur Galuh.

Lebih lanjut, Galuh mengungkapkan bahwa tak sedikit masyarakat yang menilai cara kerja dari bengkel Ketok Magic. Banyak yang mengatakan bahwa kerjaannya mudah, dan lainnya.

"Ada juga yang menilai wah kerjaannya cuma gini-gini doang, mudah. Nah kita lebih menjaga rahasia dapur saja sebenarnya,"

Padahal, Ketok Magic ini menggunakan alat-alat khusus dan mengandalkan skill dari para pegawainya.

"Kita ini cuma pakai alat, ada alat-alat khususnya. Terus kita mengandalkan skill juga," tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, proses ketok magic biasanya memang dilakukan oleh ahli yang memiliki keterampilan khusus, menggunakan alat-alat sederhana seperti palu dan paku yang dirancang khusus untuk menarik atau mendorong bagian bodi mobil yang penyok.

Hasilnya, permukaan bodi mobil kembali rata dan mulus seolah-olah tidak pernah mengalami kerusakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya