Honda Step WGN e:HEV Siap Dijual di RI Meski Pemerintah Gak Kasih Insentif

Honda Step WGN e:HEV di GIIAS 2024
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Honda Step WGN e:HEV (Hybrid Electric Vehicle) merupakan minivan ramah lingkungan yang sudah dijual di Jepang sejak 2022. Tahun ini mobil calon pesaing Nissan Serene e-Power itu baru hadir di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor menghadirkan Honda Step WGN e;HEV Spada di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang yang berlangsung, pada 18-28 Juli 2024.

Mobil MPV ramah lingkungan itu direncanakan akan dijual di Indonesia, bahkan meskipun pemerintah tidak menyetujui adanya insentif untuk mobil hybrid, produsen mobil berlogo H itu tetap akan menjualnya dalam kondisi CBU seperti halnya All New CR-V e:HEV.

"Jika Step WGN jadi diluncurkan disini, itu juga masih CBU karena masih fase introduction. Saat ini CBU itu menggunakan pajak normal, yang sepertinya tidak termasuk dalam wacana insentif tambahan untuk hybrid," ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy, kepada Viva Otomotif, Rabu 7 Agustus 2024.

Meskipun status Step WGN hybrid belum dijual resmi, namun sudah banyak pengunjung yang ingin melakukan pemesanan, bahkan ribuan orang penasaran dengan spesifkasi, dan harga resminya.

Berdasarkan survei yang dilakukan produsen mobil Honda itu terhadap 1.000 responden di GIIAS 2024, sekitar 99 persen menyatakan minat untuk memboyong minivan hybrid tersebut jika diluncurkan di RI.

"Dengan penerimaan yang baik dari konsumen berdasarkan survey di GIIAS, kami akan lebih serius mempertimbangkan untuk bisa menjual mobil ini meskipun masih dalam kondisi CBU di tahun depan," tuturnya.

Di Jepang mobil yang menjadi pesaing Toyota Voxy dan Nissan Serena e-Power itu ditawarkan dalam dua varian dengan desain eksterior sedikit berbeda, yakni Step WGN Air, dan Step WGN Spada.

Spada seperti yang dibawa ke Indonesia punya tampilan lebih agresif dengan grill besar horizontal berbentuk kota dengan aksen lubang-lubang kecil dipadukan aksen krom di bawahnya, dan garis krom yang memisahkan kap mesin dengan bumper. 

Mobil yang dapat menampung tujuh penumpang itu dilengkapi kursi model captain seat pada baris kedua, dan menariknya dilengkapi selonjoran kaki yang akan keluar otomatis. Seluruh kursi dibalut bahan semi kulit.

Secara keseluruhan interior dibalut warna hitam, dashboard, door trim, dan plafon. Sekilas desain ruang kabin pengemudi mirip Civic terbaru memainkan garis serba lurus. Sistem hiburannya didukung head unit model floating berukuran 11,4 inci.

Layar intrumennya menampilkan informasi digital berwarna, untuk hiburan penumpang belakang disediakan layar di plafon berukuran 15 inci. Fitur-fitur yang bersarang di mobil MPV tersebut meliputi Honda Connect dan Honda Sensing. 

Honda Step WGN e:HEV satu powertrain dengan CR-V e:HEV yang sudah dijual di Indonesia, yaitu menggabungkan mesin bensin empat silinder 2.000cc dengan penggerak motor listrik untuk memutar roda depan.

Chery Sebut Mobil Hybrid Layak Dapat Insentif