Hyundai Santa Fe Kena Recall Besar-besaran, Sistem Airbag Jadi Penyebabnya

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023
Sumber :
  • Dok: Hyundai

Washington DC, VIVA – Beberapa waktu lalu, Hyundai Santa Fe generasi terbaru tertangkap kamera sedang melakukan test uji jalan di Tol Jakarta. Hal tersebut menandakan bahwa kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) ini berpotensi untuk meluncur di Indonesia sesegera mungkin.

Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Kendati demikian, baru-baru ini terdapat laporan bahwa pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut telah menarik kembali atau recall secara besar-besaran untuk model Santa Fe terbaru untuk pasar Amerika Serikat.

Dilansir VIVA dari laman Thecarconnection pada Rabu, 7 Agustus 2024, berdasarkan laporan dari Badan Keselamatan Transportasi Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), recall ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem airbag kendaraan.

Diam-diam Harga Hyundai Sante Fe Hybrid Sudah Terdaftar, Siap Jegal CR-V

Adapun airbag yang bermasalah tersebut terletak pada baris kedua. Ini berpotensi mengembang secara tiba-tiba atau tidak berfungsi.

Penarikan kembali ini mempengaruhi sebanyak 49.719 unit untuk kedua jenis powertrain, yakni Ice Combustion Engine (ICE) (40.144 unit) dan Hybrid (9.575 unit) model produksi Desember 2023 - Juli 2024.

Pengelasan yang Tak Maksimal Bikin Mobil Listrik Toyota bZ4X Kena Recall

Laporan ini mengungkapkan bahwa kabel lantai utama dapat bersentuhan dengan rakitan engsel kursi lipat baris kedua, yang dapat mengakibatkan kerusakan.

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023

Photo :
  • Dok: Hyundai

Kerusakan ini berisiko memicu airbag mengembang secara tidak sengaja atau gagal mengembang saat dibutuhkan, meningkatkan risiko cedera atau kematian.

Nantinya, teknisi diler akan memeriksa dan mengamankan kabel harness dengan benar, serta mengganti perangkat yang rusak tanpa biaya.

Perbaikannya melibatkan menggeser kursi baris kedua ke depan dan mencari kabel yang rusak. Jika tidak ditemukan kerusakan, rangkaian kabel akan diamankan dengan dua tali pengikat.

Hyundai mengakui sudah ada delapan insiden terjadi pada Santa Fe 2024. Kendati demikian, produsen mobil tersebut mengatakan tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera terkait dengan penarikan kembali ini.

Bagi para konsumen yang terdapat permasalahan serupa pada kendaraannya, bisa menghubungi pelayanan servis dari Hyundai atau mendatangi diler untuk perbaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya