Alphard Sehari Rp25 Juta, Ini yang Bikin Harga Sewa Mobil Jadi Mahal di IKN

Istana Garuda IKN Nusantara, Kalimantan Timur
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA –  Harga sewa mobil langsung melambung tinggi jelang perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Toyota Alphard jadi paling mahal, dibanderol Rp25 juta per hari.

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

Hal tersebut terungkap usai pemerintah lewat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyewa hingga 1.000 unit mobil untuk mobilitas tamu negara dan very very important person (VVIP). Sewa dilakukan lewat Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda).

Dengan banyaknya unit yang disewa, Asperda Kaltim mengungkapkan bahwa pihaknya sepakat melakukan koordinasi dengan DPP Asperda Indonesia. Di mana, banyak sejumlah unit mobil untuk dikirimkan ke Kalimantan Timur.

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

Toyota Alphard baru Presiden Jokowi

Photo :
  • Screenshot Tiktok

"Unit mobil didatangkan dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan diperjalanan menuju Kaltim," ujar Ketua Asperda Kalimantan Timur, Damun Kiswanto, dikutip Antara, Selasa 6 Agustus 2024.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Alhasil, mendatangkan unit mobil dari luar daerah Kalimantan Timur ada biaya pengiriman untuk satu unit mobil mencapai Rp13 juta, lanjut dia, sehingga lonjakan harga sewa mobil tidak bisa dihindari.

Selain itu keterbatasan unit mobil rental di Kaltim seiring dengan permintaan yang meningkatkan menjelang Upacara ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Nusantara, harga sewa mobil di Kalimantan Timur melonjak hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

Di sisi lain permintaan juga melonja jelang Agustus 2024. Harga sewa mobil yang normal untuk Fortuner sekitar Rp2,5 juta per hari, dan saat ini menjadi Rp5 juta per hari, kemudian Hi-Ace Rp3,5 juta per menjadi Rp15 juta per hari.

Ekspor Toyota Fortuner buatan Indonesia

Photo :
  • Dok: TMMIN

"Bahkan untuk Alphard yang biasanya Rp7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp25 juta per hari," papar Kiswanto.

Sementara itu, Asperda Kaltim dan Kemensetneg sudah tanda tangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan. Di mana, sudah dibayar uang muka sebesar 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya