Pendatang Baru di Pasar Mobil Listrik RI Bakal Berfokus Pada Konsumen Ini

Mobil listrik Smart
Sumber :
  • Inchape Group

Tangerang, VIVA – PT Inchape Indomobil Distribution Indonesia menghadirkan sub merek dari Mercedes-Benz, yaitu Smart ke pasar mobil listrik Indonesia.

Kawin Silang Hyundai dan GM Siap Lahirkan Mobil Listrik dan Hidrogen

Merek yang sempat hengkang dari Indonesia ini akhirnya kembali lagi dengan menghadirkan mobil compact Sport Utility Vehicle (SUV), bernama Smart #3.

Untuk diketahui, mobil listrik ini ditawarkan dengan dua varian, yaitu Premium dan Brabus. Terkait dimensi, mobil compact SUV ini memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.844 mm, tinggi 1.556 mm, dan jarak sumbu roda 2.785 mm.

Menjelang Akhir Tahun Lebih dari 23 Ribu Mobil Listrik Terjual di RI

Dengan ukuran tersebut, Smart #3 diklaim akan menyasar konsumen perkotaan karena bodinya yang cukup compact, sehingga cocok untuk mobilitas urban.

Mandy Zhang selaku Global CMO Smart Automobile mengatakan bahwa kehadiran Smart #3 ini siap menyasar konsumen keluarga yang tinggal di perkotaan.

40 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Selama 8 Bulan Tahun Ini

Merek mobil listrik Smart

Photo :
  • Inchape Group

"Smart #3 ini terkenal karena ukuran compact tapi memiliki ukuran kabin yang lapang. Untuk keluarga muda yang menikmati perkotaan, ini sangat cocok," ujarnya dikutip VIVA di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya keluarga muda, Mandy juga mengungkapkan mobil listrik Smart #3 bakal menyasar anak muda sebagai target pasarnya.

"Tak hanya keluarga, (mobil ini) juga mengincar anak muda yang ingin mengekspresikan identitasnya," tutur Mandy.

Dalam kesempatan yang sama, Kariyanto Hardjosoemarto selaku Sales & Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia mengungkapkan bahwa berdasarkan survei yang telah dilakukan pihaknya, ternyata banyak anak muda yang mengenal merek Smart ini.

“Berdasarkan survei kami, surprisingly banyak anak-anak muda yang familiar pada brand Smart dan mereka telah ikuti ini dari YouTube luar bahkan ada menanyakan kapan produk dari merek ini diluncurkan, hal tersebut menjadi sinyal yang bagus bagi kami,” ungkapnya.

Sayangnya, Smart belum mengumumkan harga resmi dari mobil listriknya.

Kendati demikian, merek ini telah memberikan bocoran terkait spesifikasi dari mobil listrik Smart #3.

Untuk tipe Premium menggunakan motor listrik berkekuatan 200 kW dan torsi 343 Nm. Mobil ini mampu menempuh 0 ke 100 km/jam dalam 5,8 detik dengan top speed 180 km/jam. Performanya dibantu dengan penggerak roda belakang (RWD).

Dengan baterai berkapasitas 66 kWh, mobil ini dapat menjangkau 455 km dalam sekali pengisian daya dan mampu mengisi daya dengan fast charging DC 150 kW dari 10-80 persen dalam 30 menit.

Sementara tipe Brabus memiliki motor listrik lebih bertenaga hingga 315 kW dan torsi 543 Nm yang mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,6 detik dengan top speed hingga 180 km/jam dibantu penggerak all-wheel drive (AWD).

Varian ini menggunakan baterai berkapasitas 66 kWh, mobil ini memiliki jangkauan 415 km dalam sekali pengisian daya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya