Mengejutkan Sewa Mobil di IKN Biayanya Segini, Alphard Paling Mahal

Toyota Alphard baru Presiden Jokowi
Sumber :
  • Screenshot Tiktok

VIVA – Pemerintah akan merayakan Hari Ulang Tahun, atau HUT RI, pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Untuk mobilitas tamu negara selama acara sudah dipersiapkan ratusan mobil.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Mobil-mobil yang disediakan dari berbagai model, dan bukan dibawa dari Jakarta, melainkan disewa dari sejumlah rental yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Aperda).

Penampakan Proyek Pembangunan Kawasan IKN dari Balkon Istana Garuda

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Soal biaya sewa mobil ternyata jauh lebih mahal dari kondisi normal, terutama bulan ini karena adanya acara kenegaraan di IKN. Faktor lainnya ketersediaan unit terbatas, tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Harga sewa normal Fortuner Rp2,5 juta menjadi Rp5 juta, Hi-Ace Rp3,5 juta menjadi Rp15 juta, bahkan Alphard biasa Rp7 juta jadi Rp75 juta,” ujar Ketua DPD Asperda Kaltim, Damun Kiswanto, dikutip Antaranews, Senin 5 Agustus 2024.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Saking banyaknya permintaan mobil untuk acara di IKN saat HUT RI, Danum harus mencarinya dari rental lain di luar area Kaltim. Lantas ada berapa unit mobil yang disewa negara?

Melalui kesepakatan, atau MoU (Memorandum of Understanding) yang ditanda tangani Danum melalui Sekretariat Presiden, terdapat ratusan unit untuk kebutuhan para tamu negara, dan VVIP yang hadir.

“Dari MoU itu permintaan ada 100 unit, dan sudah dibayar DP atau uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak,” tuturnya.

Terkait unit tambahan untuk memenuhi permintaan negara, dia mendatangkannya dari sejumlah daerah di Pulau Jawa, Bali, hingga Sulawesi. Semua unit tersebut sudah dalam perjalanan menuju Kaltim.

“Unit-unit itu didatangkan dari Subaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan tengah berada di perjalanan menuju Kaltim,” tuturnya.

Maka tidak heran jika biaya sewanya jauh lebih mahal dari kondisi normal, lantaran ada ongkos yang perlu dikeluarkan untuk mendatangkan mobil-mobil tersebut ke IKN. Menurut Danum satu mobil biaya pengiriman sekitar Rp13 juta.

Menariknya daftar mobil yang disebutkan Danum buatan Toyota semua, seperti Fortuner sebagai SUV bermesin diesel, Hi-Ace minibus yang dapat mengangkut lebih dari 10 orang, serta Alphard di segmen MPV premium dengan mesin 2.500cc, dan untuk model terbarunya tersedia tipe hybrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya