BYD Mobil Listrik China Paling Laku di GIIAS 2024, Sebanyak Ini yang Beli

Booth BYD di GIIAS 2024
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – PT BYD Motor Indonesia akhirnya umumkan SPK (surat pemesanan kendaraan) mobil listriknya selama mengikuti ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE, BSD, Tangerang.

BYD membutuhkan waktu satu pekan merangkum semua jumlah pemesanannya selama hadir di pameran otomotif yang berlangsung pada 18-28 Juli 2024 tersebut. Lalu berapa banyak orang yang beli mobil asal Tiongkok itu?

"BYD mencatat pencapaian yang luar biasa di GIIAS 2024 dengan order sebanyak 2.920 unit," tulis keterangan resminya, Minggu 4 Agustus 2024.

Artinya jika dibandingkan dengan merek China lain, SPK BYD paling besar. Awalnya Morris Garage (MG) memegang pencapaian tertinggi dengan torehan 1.518 unit, lalu diikuti GAC Aion sebagai pendatang baru 1.118 unit, Chery 1.009 unit.

Tidak ada informasi terkait model terlaris BYD di pameran tersebut, namun dalam keterangannya MPV listrik baru mereka yang bernama BYD M6 mendapatkan penerimaan positif, dan sudah dicoba 2.181 pengunjung di area test drive GIIAS.

Mobil keluarga pelahap seterum itu juga dinobatkan sebagai Most Driver Car oleh Gaikindo sebagai penyelenggara.

Ditawarkan dalam beberapa varian, yaitu BYD M6 Standar dilego Rp379 juta, Superior Rp419 juta, dan Superior Captain Seat Rp429 juta on the road. Terdapat empat warna, yaitu Crystal White, Ink Stone Blue, Cosmos Black, dan Harbour Grey.

MPV listrik dengan konfigurasi tiga baris tersebut dapat menampung 7-penumpang dengan kursi tiga baris di tengah, sedangkan untuk kursi captain seat di baris kedua hanya bisa 6-penumpang.

Semua varian mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP blade dengan kapasitas berbeda-beda. Untuk tipe Standar dayanya 55,4 kWh dengan jarak tempuh 420 km berdasarkan pengujian NEDC (New European Driving Cycle).

Tenaga maksimal dari motor listrik penggerak roda depannya 120 kW, dan torsi puncak 310 Nm, maka untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam butuh waktu 10,1 detik.

Berbeda dengan tipe Superior, kapasitas baterainya 71,8 kWh dengan jarak tempuh melalui pengujian NEDC diklaim 530 km. Lalu tenaga maksimalnya 150 kW, dan torsi 310 Nm, karena lebih bertenaga maka untuk mencapai 100 km per jam hanya 8,6 detik.

Viral Pemilik MG 4 EV Tak Boleh Ngecas di Dealer Resmi, Ini Kata MG Indonesia

Selain M6, BYD memiliki tiga mobil listrik lain beda jenis, yaitu Dolphin sebagai hatchback, Atto 3 di kelas SUV, dan Seal sedan sporti.