Paling Canggih di Kelasnya, Nissan Serena e-Power Laku Keras di GIIAS 2024

All New Nissan Serena e-Power di GIIAS 2024
Sumber :
  • Nissan Indonesia

VIVA – All New Nissan Serena e-Power meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE, BSD, Tangerang. Hadir dalam satu varian, yaitu Highway Star e-Power dengan warna berbeda.

SEVA Cetak Rekor Baru di GIIAS 2024

Nissan Serena e-Power baru yang di impor oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia itu dibanderol Rp635 juta untuk varian satu warna, sedangkan untuk dua warna di bodinya dilego Rp639,5 juta, hanya selisih tipis.

Nissan Serena e-Power

Photo :
  • Arianti Widya
Ada yang Beda dari Nissan Serena e-Power di GIIAS Surabaya 2024

Mengandalkan mesin baru berkapasitas 1.400cc yang digabungkan dengan motor listrik, serta baterai lithium-ion. Sistem hybrid pada mobil MPV pintu geser tersebut adalah e-Power, artinya serupa dengan Kicks, dan Note.

Sehingga motor listrik menjadi peran utama untuk menggerakkan mobil, karena enjin bensin hanya sebagai jenset. Jika baterai kekurangan daya, secara otomatis mesin pembakaran hidup untuk melakukan pengisian.

Geser Honda dan Nissan, BYD Jadi Produsen Mobil Terbesar ke-7 Dunia

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo tersebut 120 kilowatt, atau 163 PS, dan torsi 315 Nm, Nissan mengklaim powertrain baru itu menghasilkan tenaga lebih besar, dan akselerasi lebih mulus dengan mengurangi kebisingan mesin.

Dengan begitu suara mesin ketika hidup di tengah perjalanan untuk mengisi daya baterai tidak terlalu terdengar. Serupa dengan model listrik murni buatan Nissan, yaitu tersedia fitur e-Pedal Step untuk memberikan keamanan.

Mengingat MPV itu seutuhnya digerakkan listrik, maka tenaga yang disalurkan lebih instan dan cepat, untuk meningkatkan keselamatan penggunanya, kecepatan mobil akan otomatis menurun saat pedal gas di lepas.

Sistem keselamatan lainnya, yaitu ADAS (Advanced Driving Assistant System), tapi pabrikan asal Jepang itu menyebutnya ProPilot Assist yang memanfaatkan kamera, sensor, dan radar untuk mempermudah pengemudi.

Misalnya menjaga mobil tetap di jalur, karena akan muncul peringatan jika keluar marka jalan, melakukan pengereman otomatis saat ada potensi tabrakan dengan kendaraan di depan, lalu berjalan otomatis mengikuti kendaraan di depan tanpa kendali sopir mobil melakukan pengereman, dan berjalan sendiri.

Bermodal spesifikasi tersebut, Nissan e-Power yang sudah dijual di Jepang sejak 2022 itu menjadi MPV tercanggih di kelasnya, terutama jika dibandingkan dengan Toyota Voxy. Lalu gimana penjualannya?

Hanya dalam waktu 11 hari di pameran GIIAS 2024 yang berlangsung pada 18-28 Juli, Serena e-Power berhasil menyedot perhatian pengunjung dengan mengantongi ratusan SPK (surat pemesanan kendaraan).

“Dengan total SPK 728 unit untuk The All New Nissan Serena e-Power menjadi milestone bagi Nissan Indonesia untuk kembali menjadi favorit masyarakat,” ujar Presiden Direktur PT NMDI, Evensius Go, dikutip dari keterangannya, Jumat 2 Agustus 2024.

Sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan, Serena e-Power mendapatkan perawatan gratis selama 4 tahun, atau 50 ribu kilometer. Lalu garansi baterai lithium-ion selama 5 tahun atau 150 ribu km, dan komponen e-Power garansinya 7 tahun atau 150 ribu km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya