Hyundai Kona EV Bakal Jadi Armada Taksi Listrik di IKN

BlueBird siapkan Hyundai Kona EV di IKN
Sumber :
  • Instagram @Sigitdjokosoetono

Penajam Paser Utara, VIVA – PT Blue Bird Tbk dketahui sedang mempersiapkan armada taksi listrik sebagai alat transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Adapun, kendaraan yang akan dihadirkan merupakan Hyundai Kona EV.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Dikutip VIVA dari laman Instagram resmi @Andre.djokosoetono pada Rabu, 31 Juli 2024, menunjukkan dua unit mobil listrik Kona EV, yang sudah dilapisi dengan livery taksi BlueBird.

Berdasarkan keterangan unggahan, Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan bahwa Hyundai Kona Electric bakal dibawa oleh pihaknya dan beroperasi di IKN.

IKN Bakal Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Begini Cara Masuknya

"Tampilan kece dari @bluebirdgroup ini adalah unit armada taksi listrik terbaru, Hyundai Kona Electric yang akan dibawa & beroperasi di IKN nantinya ✨ keren kan?," tulisnya dalam unggahan.

BlueBird siapkan Hyundai Kona EV di IKN

Photo :
  • Instagram @Sigitdjokosoetono
Unik! Belanja di Supermarket IKN Wajib Lepas Alas Kaki

Senada, Sigit Priawan Djokosoetono selaku Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk juga mengunggah foto-foto dari Hyundai Kona EV dan mengatakan bahwa kendaraan ini akan menjadi armada listrik di IKN.

"@Bluebirdgroup memperkenalkan Hyundai Kona sebagai armada listrik terbaru kami di IKN," tulisnya dalam unggahan Instagram resmi @Sigitdjokosoetono.

Menurut Sigit, kehadiran Kona EV di IKN merupakan komitmen kami untuk terus mendukung pilar BlueSky dan program sustainability BlueBird dalam mengurangi emisi karbon.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan aturan kendaraan di IKN harus berbasis elektrifikasi untuk mendorong lingkungan yang lebih ramah dan keberlanjutan.

Kona Electric

Photo :
  • Arianti Widya

Sebagai informasi tambahan, Hyundai Kona EV baru saja diluncurkan pada pameran otomotif GIIAS 2024 dan ditawarkan dalam 5 variam, yaitu Kona Electric Style, Prime Standard Range, Signatue Standard Range, Prime Long Range, dan Signature Long Range.

Terkait harga, mobil listrik ini dibanderol mulai dari Rp499 juta hingga Rp590 juta on the road Jakarta.

Menyoal dapur pacu, Kona EV dibekali baterai lithium-ion buatan lokal. Untuk tipe Standard Range daya baterainya 48,9 kWh, dan menurut pengujian NEDC (New European Driving Cycle) jarak tempuhnya 448 kilometer.

Untuk motor listrik yang menggerakkan roda depannya bertenaga 156 PS, dan torsi 255 Nm, disalurkan melalui transmisi matik satu percepatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya