Insinyur Toyota Bisa Kaget! Perjalanan Avanza Ini Setara 3 Kali ke Bulan

Grand New Avanza 2015. Ilustrasi.
Sumber :
  • Sumber VIVA.co.id.

VIVA – Viral di media sosial Toyota Avanza sudah melakukan perjalanan terjauh selama digunakan pemiliknya. Bahkan odometernya yang sudah digital sudah tidak bisa berputar lagi meski mobil digunakan.

Chery Berencana Siapkan Mobil yang Khusus untuk Pasar Indonesia

Melalui unggahan Instagram @indocarstuff, seseorang awalnya memperlihatkan Toyota Rush yang sudah dimodifikasi, namun kamera yang dia pegang malah mengarahkan masuk ke dalam kabin Toyota Avanza.

Jarak tempuh terjauh Toyota Avanza

Photo :
  • Screenshot Instagram
Viral Kecelakaan Mobil Tertimpa Material Proyek LRT Jakarta

Kemudian dia menunjukkan panel instumen Avanza tersebut, dan terlihat jarak tempuh mobil Low MPV itu sudah mencapai 999.999 ribu kilometer, angka itu tercatat pada odometernya yang sudah digital di sisi kanan bawah.

Artinya Avanza itu sudah berjalan setara dengan 3 kali ke bulan. Melansir Space.com, jarak rata-rata antara bumi dan bulan sekitar 384.400 km, namun karena bulan tidak mengorbit maka tedekatnya sekitar 363.300 km.

Duduk Perkara yang Buat Lansia Terseret Mobil 3 Meter di Jaktim

Berkaca dari angka tersebut, bisa saja insinyur Toyota bisa kaget melihatnya. Mengingat sebagian besar pengguna mobil jarang melakukan itu, bahkan ada yang sudah menjualnya jika sudah berusia di atas 5 tahun.

Di luar itu, sepertinya setiap kendaraan baik itu motor, atau mobil tidak dibuat untuk mencapai nominal satu juta kilometer. Sehingga meski sudah mencapai jarak tempuh maksimal, sistem komputerisasi di dalam mobil tersebut tidak otomatis mengembalikan angka odometernya menjadi nol, atau riset ulang.

“Ada lawan? Ini kata ownernya udah mentok segini walau dipakai jalan terus juga,” tulis statusnya, dikutip, Rabu 31 Juli 2024.

Jika melihat dari desain interior, dan klasternya, mobil dengan konfigurasi 7-penumpang tersebut adalah Avanza generasi kedua yang diproduksi mulai dari 2011 sampai 2021, dan beberapa kali mendapatkan facelift.

Lebih tepatnya desain klaster dengan kombinasi jarum, dan digital tersebut edisi penyegaran yang dirilis pada 2015. Pada edisi tersebut, desain eksterior Avanza dan Veloz dibuat lebih berbeda dengan embel-embel Grand New.

Sementara Avanza generasi pertama diproduksi pada 2003 sampai 2011. Di awal kemunculannya mobil 7-penumpang dengan harga terjangkau itu ditawarkan dalam varian 1.3 E, dan 1.3 G. Artinya mesin di balik bonetnya hanya 1.300cc, dengan transmisi manual 5-percepatan.

Baru berumur satu tahun, mobil sejuta umat itu diberikan varian baru, yaitu 1.3 S dengan transmisi matik 4-percepatan. Hingga akhirnya pada 2006 pertama kalinya hadir dengan mesin 1.500cc untuk beberapa tipe dengn tenaga, dan torsi lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya