Bukan Avanza, Ini Mobil Toyota Paling Laku di GIIAS 2024

Booth Toyota di IIMS 2024
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 telah selesai. Pameran otomotif yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli itu dimeriahkan oleh puluhan mobil baru dari berbagai brand.  

Konsumsi BBM Mobil Toyota Ini Setara Motor Matik

Salah satunya Toyota sebagai brand terlaris di Indonesia. Meski penjualan mobil baru tahun ini mengalami penurunan, dan banyaknya merek pendatang baru, ternyata tidak memengaruhi pencapain mereka.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen mencatat dalam waktu 9 hari hadir di GIIAS 2024, jumlah SPK (surat pemesanan kendaraan) yang dikantonginya meningkat drastis dari periode yang sama di 2023.

Terpopuler: Daya Beli Mobil Orang RI, Innova Tetap Rajai Pasar

“SPK Toyota di GIIAS 2024 naik 11 persen dibandingkan tahun lalu. Jadi ini mungkin salah satu tanda, adanya perbaikan market di Indonesia,” ujar Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, dikutip, Senin 29 Juli 2024.

Dalam kurun waktu tersebut Toyota berhasil mengantongi 4.245 ribu SPK, di mana ada tiga model yang menjadi penyumbang terbesar. Namun urutan pertama bukan Avanza yang dinobatkan sebagai mobil sejuta umat.

Toyota GR Starlet Siap Meluncur, Punya Mesin Kecil Tapi Tenaganya Buas

Lebih lanjut Anton menjelaskan, model terlaris dalam pameran tersebut adalah Kijang Innova Zenix yang ditawarkan dalam versi konvensional, dan hybrid, kemudian baru diikuti Avanza serta Veloz dengan selisih tipis.

“Innova 981 unit, Avanza-Veloz 929 unit SPK, ketika dikombinasikan hampir 2.000, atau total SPK kami,” tuturnya.

Anton juga optimis bahwa sampai akhir pameran, atau selama 11 hari jumlah pemesanan mobil Toyota akan terus bertambah, kurang lebih sekitar 1.000 unit. Artinya jika ditotal bisa di atas 5.000 unit.

Jika dilihat lebih dalam lagi berdasarkan varian, terutama lineup elektrifikasi yang meliputi BEV (Battery Electric Vehicle, dan HEV (Hybrid Electric Vehicle), Kijang Innova Zenix Hybrid masih yang paling laris.

“Kalau berdasarkan model, Innova Zenix Hybrid paling banyak mencapai 80 persen, model premiuam Alphard Hybrid, dan Yaris Cross Hybrid, ini bukti elektrifikasi makin diminati masyarakat Indonesia,” katanya.

Padahal secara harga Yaris Cross Hybrid lebih murah, saat ini mobil SUV kompak tersebut dibanderol Rp440,600 juta, sampai Rp454,950 juta. Sedangkan Innova Zenix Hybrid dilego Rp477,600 juta, sampai Rp633,600 juta.

Sementara Toyota Hilux Rangga yang keran pemesanannya baru dibuka di pameran tersebut, sudah mencatat 450 SPK. Mobil pikap yang menggunakan sasis tangga itu satu powertrain dengan Fortuner, atau Innova diesel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya