Perdana di Asia Tenggara, Honda Kenalkan Konsep Ramah Lingkungan SUSTAINA-C dan Pocket Concept

Honda SUSTAINA-C dan Pocket Concept
Sumber :
  • Honda

VIVA – Memasuki era elektrifikasi, perusahaan otomotif berlomba-lomba menciptakan mobil listrik tercanggih untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari solusi transportasi yang lebih efisien. Tidak mau ketinggalan, Honda juga terus melakukan inovasinya yang bukan hanya menawarkan performa tinggi dan kenyamanan maksimal bagi penggunanya, tapi juga memikirkan dampaknya untuk lingkungan.

Ratusan Unit Mobil China Tiba di Pelabuhan Indonesia, Punya Siapa?

Baru-baru ini PT Honda Prospect Motor memperkenalkan dua model konsep elektrifikasi ramah lingkungan, yaitu SUSTAINA-C dan Honda Pocket Concept, untuk pertama kalinya di Asia Tenggara pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di ICE-BSD, Tangerang Selatan, dari tanggal 17-28 Juli 2024. Kedua model ini menggunakan material daur ulang dan bebas emisi karbon.

Model konsep Honda ini dirancang untuk memberikan kebebasan mobilitas kepada generasi Z dan mendukung keberlanjutan lingkungan. Dengan mengusung konsep Genki Circulator, SUSTAINA-C dan Pocket Concept menggabungkan EGO dan ECO, yakni memenuhi keinginan pengguna (EGO) sekaligus ramah lingkungan (ECO).

BYD Masuk 3 Besar Mobil Terlaris di Dunia

Honda SUSTAINA-C

Photo :
  • Honda

Honda SUSTAINA-C Concept memiliki desain eksterior yang ringkas untuk memudahkan manuver di area perkotaan dan tampil stylish dengan panel bodi dari resin akrilik tanpa cat demi menjaga lingkungan. Desainnya terinspirasi dari model legendaris Honda City dan Honda Motocompo yang dirilis pada tahun 1981.

Marc Marquez Sebut Honda Perlu Lakukan Ini agar Adik Valentino Rossi Podium

Pintu belakang mobil ini berbentuk layar dilengkapi lampu belakang yang menyala, memanfaatkan karakteristik resin akrilik yang menyatu seperti layar ponsel pintar. Selain itu, lampu mini LED di bagian belakang tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, tetapi juga menunjukkan status pengisian daya saat parkir dan berkomunikasi dengan kendaraan lain melalui berbagai ekspresi dan pesan teks.

Honda Pocket Concept

Photo :
  • Honda

Honda juga memperkenalkan Honda Pocket Concept, sebuah sepeda motor listrik kecil yang dirancang untuk mobilitas jarak jauh, menggunakan resin akrilik untuk mengurangi bobot dan meningkatkan ramah lingkungan. Sepeda motor ini praktis digunakan sehari-hari, mudah dilipat, dan dapat disimpan di bagasi SUSTAINA-C.

Perbedaan yang paling terlihat, SUSTAINA-C mengakses pengisian daya melalui kap mesin depan, sementara Honda Pocket Concept menggunakan fungsi suplai AC on-board.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Operation Director PT Honda Prospect Motor, menyatakan bahwa kedua produk konsep ini menunjukkan komitmen Honda dalam menghadirkan teknologi ramah lingkungan dan bebas emisi, sesuai visi global Honda.

“Kami menampilkan Honda SUSTAINA-C Concept dan Honda Pocket Concept di GIIAS 2024 untuk memperlihatkan bahwa kedua produk konsep terbaru dari Honda ini dirancang serta dikembangkan dengan mengedepankan teknologi terbarukan yang sangat ramah lingkungan dan juga tentunya bebas emisi sejalan dengan komitmen dan juga visi global Honda,” kata Yusak dalam keterangan tertulis pada (19/7/2024).

Sebelum tampil perdana di Asia Tenggara, kedua model ini sebelumnya tampil di Japan Mobility Show 2023 dan Milan Design Week 2024. Rencananya, honda akan meluncurkan hingga 30 kendaraan listrik pada tahun 2030 dengan produksi mencapai 2 juta unit per tahun, serta mencapai netralitas karbon pada tahun 2050.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya