Ini Mobil Mewah yang Digunakan Menteri Agama Lewat Jalur Busway

Viral mobil menteri masuk jalur busway
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @terangmedia

VIVA – Baru-baru ini viral di jagat maya mobil mewah dengan pelat nomor RI 24 terjebak di jalur busway, dengan kondisi pengawalan. Mobil dinas tersebut ditumpangi Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat bertugas.

Video 2 Siswi SMP di Konawe Terlibat Adu Jotos Viral di Media Sosial

Melalui unggahan video di beberapa akun Instagram, terlihat mobil mewah tersebut dalam kondisi berhenti, dan berhadapan dengan moge yang ditunggangi polisi untuk mengawal perjalanannya.

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Selasa pagi, 23 Juli 2024 saat Menag Yaqut ingin menuju kantornya di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Tangis Selebgram Ulya yang Dimarahi dan Diturunkan Sopir Online, Gegara Pilih Paket Hemat

“Dalam prakitknya, baik rute maupun lajur mana yang digunakan tergantung patwal yang berkoordinasi dengan petugas di jalan,” ujarnya kepada Viva.

Jika melihat dari desain eksteriornya, mobil mewah yang digunakan Menag adalah Toyota Alphard generasi ketiga yang pertama kali dijual di Indonesia pada 2015, dan diproduksi sampai 2023 awal dengan beberapa kali penyegaran, alias facelift.

Menyayat Hati, Tangis Perantau Pecah saat Saksikan Pemakaman Ibunya Cuma Lewat Video Call

Secara fitur lebih lengkap dari versi sebelumnya, dan mesinnya lebih besar , yaitu empat silinder berkode 2AR-FE berkapasitas 2.500 cc dual VVTi yang mampu menyemburkan tenaga 180 dk, dan torsi 235 Nm.

Mesin keduanya berkapasitas 3.500 cc masih sama dengan generasi kedua. Adapun fitur keselamatan di dalamnya meliputi 7 air bag, kamera 360 derajat, rem ABS, EBD, BA, blind spot monitoring, hill start assist, dan lain-lain.

Dalam kondisi bekas, Alphard model tersebut dibanderol mulai dari Rp500-700 jutaan tergantung tahun produksi, tipe, dan kondisi mobil.

Kini PT Toyota Astra Motor sebagai produsen sudah tidak lagi menjual model tersebut, karena All New Alphard sudah hadir di pasar sejak Agustus 2023 dengan perubahan total, mulai dari eksterior, interior, dan fitur-fiturnya.

Menggunakan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA GA-K, dengan rocker dibuat lurus dan penyangga berbentuk V pada kaki-kaki belakang sehingga lebih rigid 50 persen dari generasi sebelumnya.

Di dalam kabin tampilan interiornya seperti pesawat, plafon Alphard terbaru memiliki sunroof yang terbagi dua, pada sisi kanan, dan kiri, sedangkan di tengah terdapat konsol panjang sebagai lubang AC, ambient light, dan layar hiburan.

MPV pintu punya pintu geser elektrik yang mempermudah penumpang baris kedua, saat masuk, ataupun keluar, berkat pijakan kaki yang secara otomatis keluar 220 mm di atas tanah, ditambah genggaman tangan lebih panjang di pilar C.

Toyota Alphard generasi keempat ditawarkan dalam versi hybrid, dan konvensional. Dan secara harga jauh lebih mahal dari versi yang digunakan Menteri Agama saat terjebak di jalur busway

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya