Dijual Tahun Depan Banyak Penasaran Harga Suzuki eVX di GIIAS 2024

Suzuki EVX
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Suzuki eVX pertama kali diperkenalkan dalam ajang Auto Expo India, Januari 2023, namun saat itu hanya eksterior saja yang diperlihatkan ke publik. Kemudian bagian interiornya ditampikan ketika dirilis di Jepang.

Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Setelah itu, Indonesia menjadi negara ketiga yang memperkenalkan Suzuki eVX melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Artinya Indonesia negara pertama di Asia Tenggara yang memperkenalkan mobil listrik bergaya SUV (Sport Utility Vehicle) tersebut, dan menjadi satu-satunya produk baru yang dihadirkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

BYD Masuk 3 Besar Mobil Terlaris di Dunia

Melalui pameran otomotif yang diselenggarakan pada 18-28 Juli itu, konsumen bisa melihat bagian eksterior, dan interior eVX, namun belum bisa melakukan pemesanan. Karena baru diproduksi massal tahun depan.

Mengingat statusnya menjadi mobil listrik pertama Suzuki di global, banyak pengunjung GIIAS yang penasaran, terutama soal harganya.

Terbongkar, Ini Penyebab Pabrikan Mobil Listrik Tesla Ogah Investasi di Indonesia

“Mereka tahu ini masih konsep, jadi enggak ngejar sampai SPK. Cuma mereka minta di beri tahu ke sales kalau inden sudah dibuka, karena mereka penasaran sama harganya,” ujar 4W Marketing Direktur PT SIS, Harold Donnel kepada Viva Otomotif, Kamis 25 Juli 2024.

Di luar itu, menurutnya banyak apresiasi dari pengunjung, dan konsumen setia Suzuki terkait kehadiran SUV listrik purwarupa tersebut.

“Banyak yang apresiasi Suzuki, akhirnya menunjukkan EV platform di Indonesia. Banyak yang suka dengan desainnya, terutama facia depan yang sangat maskulin, dan SUV banget,” tuturnya.

Harold mengetakan, bahwa masyarakat menyukai tampilannya yang sangat futuristis, dengan penerimaan positif tersebut, membuat pihaknya semakin percaya diri dengan masa depan platform tersebut.

Desain eVX terlihat sangat futuristis, banyak lekukan tajam. Terutama di depan, bumper yang tegak, segaris dengan grill, dan kap atau bonet depan menonjol.

Pada sektor belakang desain lampu pengereman, dan bagasi belakang agak mirip Baleno, dilengkapi spoiler dan high mout stop lamp.

Mobil listrik konsep itu punya dimensi panjang 4.300 mili meter, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Secara ukuran sama dengan SX4 S-Cross yang sudah dijual di Indonesia, atau 125 mm lebih panjang dari Vitara.

Suzuki pernah memberikan gambaran di awal kemunculannya. Mobil pelahap seterum tersebut dibekali baterai berdaya 60 kWh, bisa berjalan sejauh 550 km dari hasil pengujian MIDC (Modified Indian Driving Cycle) India.

Motor listrik, atau dinamonya bukan hanya satu karena eVX mengandalkan penggerak empat roda. Sehingga bisa digunakan untuk beberapa medan jalan, termasuk semi off road, bukan sekadar di perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya