Bos Jalan Tol Ini Borong Mobil Listrik Wuling Hingga Rp30 Miliar

Jusuf Hamka (tengah) bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto-Ketum PSI Kaesang P
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Jusuf Hamka dikenal sebagai penguasaha Jalan Tol ditemani Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024.

Ratusan Unit Mobil China Tiba di Pelabuhan Indonesia, Punya Siapa?

Di tengah-tengah kunjungannya tersebut, ternyata Jusuf Hamka sudah melakukan pemesanan 100 unit mobil listrik Wuling yang terdiri dari dua model, dan secara simbolis ditanda tangani di hadapan awak media.

Booth Wuling di GIIAS

Photo :
  • Wuling
BYD Masuk 3 Besar Mobil Terlaris di Dunia

“Jadi 50 Cloud dan 50 Binguo,” ujarnya kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang, dikutip, Kamis 25 Juli 2024.

Mobil listrik itu akan digunakan sebagai kendaraan operasional perusahaan, dan bukan pertama kali Babah Alun sapaan akrabnya memborong mobil listrik besutan brand Tiongkok tersebut. Lalu buat apa kendaraan itu?

Faisal Basri Meninggal Dunia, Airlangga: Sosok Intelektual yang Idealis-Kritis, Sahabat Diskusi

“Buat manajer, asmen (asisten manajer) sama senior officer. Supaya mulai kita bikin Jakarta yang semua kita tahun terkena ISPA itu kita harus bersihin,” tuturnya

Soal biaya yang dikeluarkan, Menko Perekonomian menyebut bahwa Jusuf Hamka menggelontorkan puluhan miliar rupiah untuk memboyong BinguoEV, dan Cloud EV tersebut.

“Rp30 miliar itu boleh diumumin, jadi sekali beli Rp30 miliar ini yang terbesar,” kata Airlangga Hartarto.

Saat ini harga Cloud EV Rp398 juta on the road, atau paling mahal dari kedua model lainnya, secara segmen posisi mobil listrik terbaru Wuling yang dirilis pada Maret 2024 itu lebih tinggi dari Air ev, dan BinguoEV.

Dibekali baterai lithium ferrophosphate, atau LFP 50,6 kWh, dengan jarak tempuh 460 km. Dinamo, atau motor listriknya bertenaga 136 PS, dan torsi 200 Nm. Mobil listrik berpenggerak roda depan itu bisa melesat hingga 150 km per jam.

Sedangkan BinguoEV ditawarkan dalam beberapa varian, untuk tipe Long Range pengisian daya AC harganya Rp317 juta, Long Range AC dan DC dilego Rp326 juta, dan Premium Range Rp372 juta.

Soal dapur pacunya, tipe Long Range dibekali baterai 31,9 kWh dengan jarak tempuh 333 kilometer, sedangkan tipe Premium Range baterainya 37,9 kWh sehingga bisa menjelajah sejauh 410 km. 

Meskipun kapasitas baterainya berbeda, namun dinamo atau motor listrik penggeraknya sama-sama bertenaga 50 kW, setara 67,05 dk. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya