Kencan Singkat dengan Aion Y Plus di Area Test Drive GIIAS 2024

Test Drive Aion Y Plus
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – Pabrikan otomotif asal China, GAC Aion meluncurkan mobil listrik Aion Y Plus sebagai awalan untuk pilihan masyarakat Indonesia.

Ratusan Unit Mobil China Tiba di Pelabuhan Indonesia, Punya Siapa?

Dinaungi oleh PT Indomobil Energi Baru, GAC Aion menawarkan Aion Y Plus dengan dua varian, yakni Eksklusif dan Premium. Harga yang dibanderol mulai dari Rp415 Juta - Rp475 Juta.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024, GAC Aion turut menampilkan mobil listrik yang masuk ke dalam segmen kompak SUV (Sport Utility Vehicle).

BYD Masuk 3 Besar Mobil Terlaris di Dunia

Sebagai pendatang baru, tentu saja banyak yang penasaran dengan mobil listrik Aion Y Plus. Maka dari itu, VIVA Otomotif memiliki kesempatan untuk menjajal kendaraan ini di area Test Drive GIIAS 2024.

Test Drive Aion Y Plus

Photo :
  • Arianti Widya
Terbongkar, Ini Penyebab Pabrikan Mobil Listrik Tesla Ogah Investasi di Indonesia

Untuk diketahui, kami mencoba Aion Y Plus varian tertinggi Premium, dengan jarak tempuh 490 km. Mobil listrik ini memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm.

Pada bagian eksterior, desain Aion Y Plus menunjukkan kesan modern dan elegan dengan kombinasi lampu depan "angle wings big eyes" dan lampu belakang "skyline through-type".

Ketika pertama kali membuka pintu, pandangan kami langsung disajikan dnegan ruang kabin bernuansa modern dan sporty, yang didominasi oleh warna hitam.

Kemudian, untuk kami dengan tinggi badan 165 cm, ruang kabin dan head room terasa cukup luas.

Test Drive Aion Y PLus

Photo :
  • Arianti Widya

Sebelum memulai berkendara, kami mencoba menyesuaikan posisi duduk yang dapat disesuaikan dengan menekan tombol yang seluruhnya dikendalikan secara electric,

Kemudian, kami juga mengatur posisi spion mobil yang bisa dilakukan melalui head unit kendaraan.

Satu hal yang kami senangi dari kendaraan ini adalah tidak banyaknya tombol fisik karena semua pengaturan mobil diatur di dalam head unit.

Fitur Aion Y Plus

Photo :
  • Arianti Widya

Kendaraan ini juga sudah dibekali dengan adanya panoramic sunroof.

Setelah mendapatkan posisi berkendara yang sesuai, pandangan kami sangat jelas dan pillar A juga tidak terlalu menganggu visibilitas. Secara keseluruhan, visibilitas pengemudi cukup baik, dari sisi depan, serta kanan, dan kiri.

Terkait handling, GAC Aion Y Plus menawarkan kemudahan bagi pengendaranya karena sistem kemudi yang sangat baik dengan radius putar yang cukup lebar.

Suspensi dari Aion Y Plus terasa cukup baik terutama saat melewati jalanan bergelombang. Untuk sistem pengereman, mobil listrik ini sudah dibekali disc brake depan belakang, dimana cakram depannya sudah berventilasi.

Terkait dapur pacu, varian premium Aion Y Plus mampu menghasilkan tenaga 150 kW atau 201 Hp dan torsi puncak 224 Nm.

Adapun, mobil listrik ini sudah dibekali dengan ABS, Electronic Braking Systeem (ESP), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Airbags  (Dual Front, Front Side, Side Curtain), Auto Hold ISOFIX, Traction Control System Cruise Control, 360 HD View Camera System, Rear Parking Sensor, dan TPMS.

Dengan teknologi dan fitur keamanan tersebut, Aion Y plus mampu memberikan sensasi berkendara yang aman dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya