Pesan Mobil Lexus Paling Murah Ini Konsumen Perlu Bersabar

Lexus LBX di GIIAS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Lexus Indonesia yang berada di bawah naungan PT Toyota Astra Motor, resmi merilis Lexus LBX di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Lexus LBX menjadi mobil hybrid paling murahnya di pasar Indonesia. Lahir sebagai SUV kompak dengan konfigurasi 5-penumpang, mobil dengan status impor itu memiliki segmen pasar yang berbeda.

Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Lexus LBX di GIIAS 2024

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati


"Bukan hanya anak muda, tapi cukup berumur ada juga banyak sekali pensiunan dia ingin berkendara sendiri tapi mau nyaman," ujar General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma di ICE BSD, Tangerang, dikutip, Selasa 23 Juli 2024.

Menurutnya target pasar Lexus LBX di Indonesia memang berbeda dari negara lain, karena di pasar domestik kebanyakan konsumen mobil premium itu usianya di bawah 44 tahun seperti eksekutif muda, dan belum berkeluarga.

LBX ditawarkan dalam tiga varian, yaitu Luxury seharga Rp895 juta, Sport Rp899 juta, dan Bespoke harganya tergantung dari kustomisasi bahan, dan warna interior, eksterior, serta velg yang diiinginkan konsumen.

Bagi yang melakukan pemesanan di GIIAS, perlu bersabar. Sebab harus menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan unit, terutama tipe Bespoke yang perlu dikerjakan secara manual sesuai permintaan konsumen.

"Kalau tanpa bespoke mungkin saat SPK di sini paling cepat dua bulan, tapi saya lihat animo besar dan prospek customer banyak, saya lihat ada SPK masuk," tuturnya.

Lexus LBX sedikit lebih besar dari Toyota Raize, atau Kia Sonet. Karena panjang keseluruhan mobil baru Lexus itu 4.190 mili meter, namun lebih kecil dibandingkan Volkswagen T-Cross di segmen SUV kompak.

Mobil yang mengandalkan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA-B tersebut ditawarkan dalam dua pilihan velg, yaitu berukuran 17 inci dibalut ban 225/60, dan ring 18 dengan ban 225/55.

Lexus LBX menggabungkan mesin bensin 3 silinder berkode M15A-FXE berkapasitas 1.490cc dengan tenaga maksimal 134 dk. Untuk torsi mesin pembakaran 120 Nm, sedangkan torsi motor listrik penggeraknya 185 Nm.

Mobil SUV dengan dua sumber penggerak tersebut, bisa melesat dari kondisi diam ke 100 km per jam butuh waktu 9,2 detik. Kemudian kecepatan maksimalnya 170 km per jam.

Baterai yang digunakan untuk menyimpan listriknya tipe NiMH, atau unit bi-polar baru diklaim punya bobot lebih ringan. Padahal Toyota Yaris Cross untuk pasar Indonesia sudah pakai baterai Lithium-ion. 

Tolak Insentif Hybrid, Periklindo: Kami Perjuangkan Kendaraan Listrik
Tampilan mobil Kijang Innova Zenix Hybrid terbaru

Periklindo Tegas Tolak Insentif Mobil Hybrid, Ini Kata Toyota

Toyota Indonesia tanggapi pihak Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) yang menegaskan penolakan terhadap insentif diberikan untuk mobil hybrid.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2024