Toyota Hadirkan Ragam Mobil Elektrifikasi di GIIAS 2024

Toyota Prius Hybrid
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – Era elektrifikasi di Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan banyaknya pabrikan otomotif yang menghadirkan ragam pilihan mobil listrik dan hybrid di pasar Tanah Air. Salah satu perusahaan otomotif yang siap menyediakan kendaraan elektrifikasi terbaru ialah PT Toyota Astra Motor (TAM).

Deretan Mobil yang Terancam Dilarang Beli Pertalite per 1 Oktober 2024

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Toyota resmi memperluas opsi kendaraan elektrifikasi dengan meluncurkan model baru All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) serta menghadirkan All New Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) bersama concept car Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota FT-3e. 

Sejalan Indonesia Energy Roadmap menuju net zero emission 2060, Toyota juga ikut memamerkan Kijang Innova Zenix HEV Flexy Fuel Concept dan Mirai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen murni yang berpotensi memperluas dukungan terhadap upaya meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

GE Vernova Umumkan Operasional Komersial PLTG Tambak Lorok Milik PLN IP

Toyota Prius di GIIAS 2024

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

Di Indonesia, Toyota telah memasarkan lebih dari 20 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV (Hybrid Electric Vehicle) PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), BEV dan (Battery Electric Vehicle).

Daftar Lengkap Harga Mobil Hybrid per September 2024, Mulai Rp200 Jutaan

Secara global, Toyota berkomitmen mengurangi emisi karbon (CO2) kendaraan hingga 90 persen pada 2050.  Selaras dengan misi tersebut, Toyota terus berinovasi untuk meningkatkan teknologi pada setiap model yang akan diluncurkan. 

Contoh paling nyata terlihat pada model Hybrid yang diproduksi Toyota. Tipe hybrid Toyota hadir dengan teknologi termutakhir, yang tidak hanya mengurangi konsumsi BBM, tapi juga mengurangi emisi karbon.

Karena ketika seorang pemilik mobil hybrid Toyota mengemudikan kendaraannya dalam kemacetan. Di situasi tersebut, mesin bensin secara otomatis dimatikan, dan mobil digerakkan dengan tenaga motor listrik baterai saja.

Dengan kemampuan mematikan mesin bensin secara otomatis dalam situasi lalu lintas penuh kemacetan, bahan bakar tentu lebih hemat. Dan lebih jauh lagi, emisi karbon yang dihasilkan kendaraan berkurang secara signifikan.

Model HEV juga dibekali mode berkendara EV, dimana baterai atau motor listrik dipakai sebagai satu-satunya sumber tenaga penggerak mobil. Dengan teknologi hybrid yang mumpuni serta kuantitas katalog mobil yang beragam, kendaraan listrik Toyota jelas punya sejarah panjang dalam hal pengembangan teknologi mobil listrik yang aman, irit BBM, serta rendah emisi.

Toyota Prius Hybrid

Photo :
  • Arianti Widya

Toyota Corolla Cross HEV merupakan salah satu mobil Hybrid Toyota yang dirilis pada awal 2023 lalu. Toyota Corolla Cross HEV merupakan varian terbaru dari SUV kompak Toyota Corolla Cross yang dilengkapi dengan teknologi hybrid juga tersedia pilihan GR (GAZOO Racing) nya.

Ditampilkannya model Plug-in Hybrid EV tidak lepas dari kian bertumbuhnya Toyota xEV Ecosystem dalam bentuk charging spot di 115 lokasi strategis, di mana 111 titik di antaranya berada di diler resmi Toyota, dua titik di mal besar Jakarta, dan dua titik di rest area Jalan Tol Trans Jawa, yang akan terus bertambah seiring meningkatnya popularitas BEV dan PHEV Toyota.

Selain penambahan fasilitas pendukung mobilitas yang membuat pelanggan bebas khawatir, PHEV secara khusus memiliki berbagai keandalan yang memperkuat nilainya bagi pelanggan yang ingin menjalani gaya hidup ramah lingkungan.

Pada ajang GIIAS 2024, Toyota menghadirkan formasi lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) sebagai implementasi Multi Pathway Strategy.

Toyota juga me-launching Hybrid EV lewat All New Prius HEV (Hybrid Electric Vehicle) serta menghadirkan All New Prius PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) bersama concept car BEV (Battery Electric Vehicle) Toyota FT-3e, untuk memperlihatkan ekspansi teknologi Toyota dengan menghadirkan carbon neutral technology yang lengkap dan berkelanjutan.

Kehadiran masing-masing teknologi ini juga dimaksudkan untuk memberikan solusi mobilitas yang lebih luas untuk pelanggan. Sebagai pionir dan ikon mobil hybrid di dunia, All New Prius tampil dengan progressive design sebagai representasi pengembangan teknologi elektrifikasi Toyota. Toyota Prius PHEV dipajang dengan kekuatan utama pada efisiensi BBM yang lebih tinggi berkat kapasitas baterai lebih besar yang bisa memanfaatkan external charging. 

Partisipasi Toyota di GIIAS 2024, sejalan dengan target Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang. Selain tentunya mengamplifikasi inisiatif agar masyarakat berpartisipasi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, yaitu memakai kendaraan elektrifikasi dan ramah lingkungan.

Di gelaran GIIAS 2024, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk memberikan solusi mobilitas rendah emisi kepada masyarakat dengan menghadirkan jajaran kendaraan elektrifikasi yang lengkap dengan keuntungannya masing-masing.

Didukung juga oleh ekosistem lengkap seperti charging station supaya mobilitas xEV Toyota dapat berlangsung dengan aman dan nyaman kemanapun tujuannya. Lebih lanjut, Toyota juga mempersiapkan lebih banyak metode guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menekan emisi karbon. Salah satunya lewat kehadir­an Waste Station Toyota di beberapa titik di kota besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya