Honda Step WGN Calon Pesaing Toyota Voxy, Siap Gantikan Odyssey di RI

Honda Step WGN e:HEV di GIIAS 2024
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Honda Odyssey yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak 2005 akhirnya tidak lagi dipasarkan sejak 2021. Digadang-gadang calon pengganti MPV tersebut adalah All New Honda Step WGN.

Marc Marquez Sebut Honda Perlu Lakukan Ini agar Adik Valentino Rossi Podium

Artinya naik kelas, jika Odyssey digantikan Step WGN e:HEV yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2024.

“Secara panjang sama, tapi Odyssey lebih lebar, Step WGN lebih tinggi. Ada banyak seating position, captain seat otonom, power tailgate, 7-seater,” ujar New Business Planning Senior Manager PT HPM, Ferdianto Budiono, dikutip, Senin 22 Juli 2024.

Honda Luncurkan Motor Bebek Bertransmisi Canggih

Namun sayangnya produsen mobil berlogo H itu belum mengumumkan jadwal Step WGN dijual di Tanah Air. Di Jepang, MPV pintu geser tersebut sudah dijual sejak 2022 dengan mendapatkan sejumlah perubahan.

Mengutip witus resmi Honda Jepang, mobil yang menjadi pesaing Toyota Voxy dan Nissan Serena itu ditawarkan dalam dua varian dengan desain eksterior sedikit berbeda, yakni Step WGN Air, dan Step WGN Spada.

Gak Nyangka Ada Honda Jazz Bekas yang Kondisinya Seperti Ini

Secara penampilan varian Spada lebih agresif dengan grill besar horizontal berbentuk kota dengan aksen lubang-lubang kecil dipadukan aksen krom di bawahnya, dan garis krom yang memisahkan kap mesin dengan bumper.

Sedangkan wajah Air lebih simpel atau minimalis, tidak banyak aksen rumit yang menempel di bumper. Tapi secara keseluruhan desain kap mesin, dan lampu depan serupa. Didukung LED sebagai penerangan utama, dan DRL (daytime running light).

Begitu juga pada sektor samping, tidak ada perbedaan dari bentuk fender, bodi, pintu gesernya, dan pelek dual tone model bintang. Untuk bagian belakang, perbedaannya Spada dilengkapi spoiler dengan high mount stop lamp.

Mobil yang dapat menampung tujuh penumpang itu dilengkapi kursi model captain seat pada baris kedua, dan menariknya dilengkapi selonjoran kaki yang akan keluar otomatis. Seluruh kursi dibalut bahan semi kulit.

Secara keseluruhan interior dibalut warna hitam, dashboard, door trim, dan plafon. Sekilas desain ruang kabin pengemudi mirip Civic terbaru memainkan garis serba lurus. Sistem hiburannya didukung head unit model floating berukuran 11,4 inci.

Layar intrumennya menampilkan informasi digital berwarna, untuk hiburan penumpang belakang disediakan layar di plafon berukuran 15 inci. Fitur-fitur yang bersarang di mobil MPV tersebut meliputi Honda Connect dan Honda Sensing.

Soal dapur pacunya, Honda Step WGN e:HEV satu powertrain dengan CR-V e:HEV yang sudah dijual di Indonesia, yaitu menggabungkan mesin bensin empat silinder 2.000cc dengan penggerak motor listrik untuk memutar roda depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya