Toyota Hilux Rangga Akan Dibuat Seperti Kijang, Ada Versi Penumpang

Toyota Hilux Rangga
Sumber :
  • dok. Toyota-Astra Motor (TAM)

VIVA – Indonesia menjadi salah satu basis produksi Toyota terbesar di pasar global. Terutama untuk platform IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle) yang bermula dari Toyota Kijang.

Sasis tangga, atau rancang bangun tersebut dikembangkan menjadi berbagai model, mulai dari SUV, komersial, hingga MPV. Terbaru, platform itu dikembangkan lagi menjadi mobil pikap kabin tunggal yang diberi nama Toyota Hilux Rangga.

Awal Semester Kedua Ini Mobil Honda yang Paling Dicari Orang

Toyota Hilux Rangga di GIIAS 2024

Photo :
  • Toyota Astra Motor


Dalam bentuk konsep Rangga diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), sejak Agustus 2023, dan kini pikap single cabin tersebut resmi dijual di Tanah Air melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Bukan hanya ditampilkan sebagai mobil pengangkut barang, namun produsen Toyota itu juga menghadirkan Hilux Rangga dalam versi modifikasi layiknya campervan. Namun konsumen hanya bisa melakukan pemesanan dalam wujud pikap.

Terkait peluncuran resminya, Fajar Nur Rohman, Hilux Rangga Co Project Leader PT TAM saat berbincang dengan komunitas menyebut, setelah konsumen melakukan pemesanan di GIIAS, mobil pikap itu akan dirilis resmi sekitar kuartal akhir tahun ini.

Bahkan dia memberikan bocoran, bahwa Toyota sudah menggandeng pihak karoseri untuk membuat Hilux Rangga menjadi versi penumpang, arti secara strategi mirip dengan pengembangan Kijang lawas yang hadir di era 1970-1980-an.

"Toyota Hilux Rangga versi penumpang lagi kita bikin prototipe-nya dan nanti saat launchig kita usahakan bisa showing, kita bawa bukan lineup resmi, tetapi lineup buatan karoseri," ujar Fajar saat diskusi bersama komunitas di ICE BSD, Tangerang, dikutip, Senin 21 Juli 2024.

Namun menurutnya sebelum diproduksi massal menjadi versi penumpang, dari edisi karoseri itu akan dipelajari terlebih dahulu. Sehingga tahap awal Toyota tetap fokus menawarkan Hilux Rangga sebagai pikap di kelas niaga ringan.

Untuk pasar Indonesia, sebagai tahap awal akan ditawarkan dengan mesin diesel 2.400cc berkode 2GD-FTV seperti Hilux double cabin, atau single cabin, Innova diesel lawas, atau Fortuner yang masih dijual saat ini.

Namun menurut Fajar Nur Rohman, Hilux Rangga Co Project Leader PT TAM saat diskusi bersama komunitas, menyebut bahwa mobil pikap tersebut juga akan tersedia dalam versi bensin 2.000cc, dan harganya menjadi paling murah.

"Jadi upayakan tahun ini (launching) mungkin kuartal akhir, kemudian harganya nanti belum bisa memfinasilsasi. Tapi ada yang harganya masih di bawah Rp200 juta untuk bensin, yang diesel di atas Rp200 juta," sambungnya. 

GIIAS 2024 Dongkrak Penjualan Mobil Honda di Juli 2024, Brio Masih Terlaris
Toyota Kijang Innova Zenix yang ditumpangi Paus Fransiskus di Indonesia

Fakta-fakta Kijang Innova Zenix, Mobil Dinas Paus Fransiskus di Indonesia

Paus Fransiskus memilih Toyota Kijang Innova Zenix sebagai mobil dinas selama kunjungannya ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2024