Ternyata Segini Harga 1 Unit Mobil Damkar di Indonesia

Mobil pemadam kebakaran (damkar)
Sumber :
  • LKPP

Depok, 22 Juli 2024 – Nama Sandi Butar Butar, seorang petugas pemadam kebakaran di Depok, belakangan ini menjadi sorotan publik. Melalui media sosial, Sandi secara terbuka mengungkap sejumlah masalah di instansinya, salah satu yaitu peralatan yang rusak.

Konsumen Indonesia Mulai Beralih ke Smartphone Harga Rp7 jutaan

Dalam video yang viral, Sandi melakukan room tour di gudang peralatan Damkar Depok. Ia menunjukkan sejumlah peralatan penting seperti gergaji mesin dan mobil pemadam yang kondisinya tidak layak pakai. Kondisi peralatan yang memprihatinkan ini tentu saja menghambat kinerja petugas dalam menjalankan tugasnya.

Tindakan berani Sandi dalam membongkar masalah internal di Damkar Depok menuai beragam reaksi. Ada yang mengapresiasi keberaniannya, namun tak sedikit pula yang khawatir akan nasibnya sebagai petugas pemadam kebakaran.

Cek Harga Bapok di Pasar Soponyono Surabaya, Jokowi Pamit ke Warga

Sandi sendiri menegaskan bahwa ia siap bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, dan berharap masalah ini dapat segera diselesaikan.

Mobil pemadam kebakaran (damkar)

Photo :
  • LKPP
Pabrik Mobil VW di Ambang Krisis

Bicara soal mobil damkar, dari penelusuran VIVA Otomotif ternyata satu unit dari kendaraan yang identik berwarna merah itu tidak murah.

Dari katalog elektronik yang disediakan oleh pemerintah untuk pengadaan barang dan jasa, diketahui bahwa banderol paling murah dari mobil damkar hasil racikan karoseri lokal ada di angka Rp800 jutaan.

Harga akan semakin mahal, apabila kapasitas air yang bisa ditampung lebih banyak. Kisarannya mulai dari 3.000 liter hingga 10 ribu liter.

Jenis dan merek pompa yang dipasang juga mempengaruhi harga jual dari mobil damkar. Jika ingin murah maka hanya ada satu pompa untuk mendorong air keluar dari tangki, sedangkan yang lebih mahal punya pompa sedot supaya durasi pemadaman api bisa lebih lama.

Kisaran mobil damkar yang memiliki dua pompa, berasal dari karoseri lokal yang sudah cukup dikenal dan memakai sasis truk Jepang ada di angka Rp1-2 miliaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya