Mobil Canggih Volvo Meluncur di GIIAS 2024, Harga Rp800 Jutaan

Volvo EX30
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tangerang, 19 Juli 2024 – Volvo Cars Indonesia akhirnya resmi merilis SUV full elektrik pertamanya, di pameran otomotif ternama Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Kendaraan tersebut diberi nama Volvo EX 30, yang memiliki dua tipe yakni Ultra dan Plus.

8 Hal Ini yang Buat Tiket Pesawat jadi Mahal

Retail Operation and Aftermarket Manager Volvo Cars untuk Importir Asia Pasifik, Mikael Hagsten-Nielsen mengatakan model tersebut hadir untuk mendukung roadmap elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah. Tentu hal ini menjadi penyegar baru untuk kendaraan ramah lingkungan bagi konsumen Tanah Air.

"Volvo EX30 adalah hasil upaya kami dalam menerapkan keputusan yang bermuara pada sustainability pada kegiatan operasional kami, sekaligus kontribusi kami kepada pemerintah," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Kawin Silang Hyundai dan GM Siap Lahirkan Mobil Listrik dan Hidrogen

Sebagai mobil listrik, Volvo EX30 menawarkan jangkauan yang mengesankan hingga 476 kilometer (WLTP). Model ini tersebut menawarkan dua pilihan baterai yakni NMC untuk varian jarak jauh atau baterai LFP untuk entry-level Single Motor.

Volvo EX30

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Menjelang Akhir Tahun Lebih dari 23 Ribu Mobil Listrik Terjual di RI

Baterai ini diklaim bisa terisi dari 10 ke 80 persen dalam waktu sekitar 26 menit, memastikan waktu henti minimal dan kenyamanan maksimal.

Spesifikasi lebih lanjut, Volvo EX30 ditenagai oleh motor listrik bertenaga 272 ddaya kuda dan torsi 343 Nm. Mobil dapat berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam, hanya dalam 5,3 detik. 

Untuk tampilannya, Volvo EX30 hadir dengan dimensi panjang 4.233 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.550 mm serta wheelbase 2.650 mm. Tentu dengan dimensi tersebut membuat kendaraan terasa luas dan nyaman bagi pengguna.

Bicara soal harga, untuk Volvo EX30 Plus dijual dengan harga mulai dari Rp890 juta. Sementara Volvo EX30 Ultra dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,160 miliar. Semua angka berstatus on the road Jakarta.

"Dua varian EX30 ini sangat cocok bagi mereka yang mencari compact SUV listrik yang sangat efisien dan sebuah permintaan yang terus kami dengar dari pelanggan kami," ungkap General Manager Volvo Cars Indonesia, Haryanto Djayaputra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya