Daihatsu Siap Jual Mobil Barunya yang Punya Konsumsi BBM 28 KM per Liter

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024
Sumber :
  • Astra Daihatsu Motor

VIVA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada 18-28 Juli 2024.

Periklindo Tegas Tolak Insentif Mobil Hybrid, Ini Kata Toyota

Salah satu produk barunya yang mencuri perhatian di pameran tersebut adalah Daihatsu Rocky Hybrid. Mobil ramah lingkungan itu kembali hadir setelah beberapa tahun lalu dipamerkan di ajang otomotif.

Bedanya Daihatsu Rocky Hybrid yang hadir di GIIAS tahun ini sudah diberikan sentuhan modifikasi, terutama pada sektor kaki-kaki dengan ukuran velg lebih besar, dan menggunakan ban dual purpose.

Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Presiden Direktur PT ADM, Yasushi Kyoda mengatakan, bahwa mobil SUV kompak tersebut memiliki siste hybrid series, dengan efisiensi bahan bakar berdasarkan pengujian internal di angka 28 kilometer per liter.

Namun bensin itu terbuang bukan untuk memutarkan roda mobil, melainkan hanya sebagai generator, atau genset untuk mengisi baterai ketika habis, di mana mesin itu akan otomatis hidup saat baterai butuh daya.

Pabrik Mobil VW di Ambang Krisis

Mesin pembakaran tersebut adalah tiga silinder 1.200cc yang berfungsi untuk mengisi baterai Lithium-ion berdaya 4,3 ampere per hour. Artinya sistem kerja teknologi e-Smart buatan Daihatsu serupa dengan sistem hybrid Nissan e-Power.

Secara utuh roda depan digerakkan oleh dinamo, atau motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 105 dk atau 78 kilowatt, dan torsi 170 Nm. Tidak butuh girboks, atau susunan gigi di transmisi seperti kendaraan konvensional  sama seperti Nissan Kicks e-Power.

Agar tidak memakan tempat atau mempersempit ruang bagasi, dan kabin, Daihatsu meletakkan baterai di bawah kursi belakang yang disesuaikan dari versi standar.

Fitur lain yang serupa dengan mobil ramah lingkungan Nissan seperti Leaf dan Kicks adalah Smart Pedal atau S-PDL. Fungsinya hanya dengan satu pedal pengemudi bisa memacu kecepetan sekaligus melakukan pengereman.

Saat pedal gas diinjak otomatis mobil akan berjalan, namun ketika dilepas ada penurunan tenaga seakan-akan seperti engine brake yang membantu menghentikan laju mobil. 

Sebelumnya Daihatsu Rocky Hybrid sempat terdampak recall, namun saat ini sudah kembali dijual di Jepang. Lantas kapan Indonesia menjual saudara kandung Toyota Raize versi ramah lingkungan itu setelah dipamerkan berkali-kali?

"Sebenarnya bukannya tidak mau, tapi kita masih studi, kita masih lihat perkembangan pasar. Pada saat yang tepat, nanti pasti kita akan sampaikan. Kita masih terus memonitor perkembangan pasar," ujar Rokky Irvayandi, Domestic Marketing Division Head PT ADM, dikutip, Jumat 19 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya