Alasan Mitsubishi Xpander Hybrid Belum Dijual di RI: Harga Belum Cocok

Mitsubishi Xpander Hybrid
Sumber :
  • Mitsubishi Thailand

Tangerang – Pabrikan otomotif asal Jepang, Mitsubishi telah meluncurkan kendaraan Hybrid terbaru untuk pasar Thailand pada awal Februari lalu. Adapun mobil tersebut ialah Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Xpander Cross HEV.

Jurus Pupuk Indonesia Pacu Inovasi Sukses Ciptakan Benefit hingga Rp 1,8 Triliun

Berkaitan dengan hal tersebut, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan bahwa kedua kendaraan tersebut berpotensi untuk diperkenalkan di pasar Indonesia. Namun, pihaknya masih memiliki pertimbangan terkait hal tersebut.

"Teknologi hybrid sudah sangat possible untuk Xpander dan Xpander Cross bahkan sudah ada, tapi bukan untuk Indonesia. Kita masih memikirkan waktu yang tepat untuk diperkenalkan di pasar Indonesia," ujarnya dikutip VIVA Otomotif di ICE BSD, Tangerang.

Terpopuler: Lezatnya Carbonara dengan Ontama hingga Jejak Inspiratif Timothy Ronald

Atsushi mengaku bahwa permintaan kendaraan Hybrid di Indonesia itu memang meningkat pada semester kedua tahun lalu.

Mitsubishi Xpander Cross Hybrid

Photo :
  • Mitsubishi Thailand
Ingin Liburan Rasa Thailand di Jakarta? Kunjungi 5 Restoran Ini

Maka dari itu, pihaknya sedang melakukan diskusi lebih lanjut dengan pihak Mitsubishi Motors di Jepang tentang rencana menghadirkan mobil hybrid di Tanah Air.

"Memang kita melihat permintaan hybrid di semester kedua tahun lalu itu meningkat. Maka dari itu, semakin serius diskusi antara MMKSI dan Mitsubishi Motors di Jepang untuk bagaimana caranya bisa memperkenalkan mobil hybrid sesegera mungkin di negara ini," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan diskusi tersebut sudah berada di tahap bagaimana pabrikan bisa mengurangi biaya dari produksi kendaraan.

Mengingat, kendaraan hybrid itu berbasis dari mesin biasa kemudian ditambah dengan adanya baterai yang bisa membuat biaya produksi lebih tinggi.

"Perlu diketahui, misal sekarang kendaraan biasa engine doang tapi kalau hybrid itu motor ditambah baterai. Tandanya ada penambahan  alat di situ yang akan membuat cost produksi kendaraannya menjadi lebih tinggi," kata Atsushi.

Ia menambahkan, "Diskusi yg dilakukan sudah berada di tahap bagaimana kita bisa mengurangi cost produksi tersebut karena kami ingin bisa memberikan mobil dengan harga yang reasonable untuk pasar Indonesia,"

Mitsubishi Xpander Cross Hybrid

Photo :
  • Mitsubishi Thailand

Menurutnya, apabila MMKSI telah menentukan harga yang cocok untuk Xpander HEV dan Xpander Cross HEV di pasar Indonesia, pihaknya akan segera memperkenalkan kedua kendaraan ini.

"Apabila kita sudah mengetahui harga yang cocok untuk kedua kendaraan tersebut maka nanti akan segera diintroduce di indonesia," terangnya.

Sebagai informasi, Mitsubishi Xpander HEV dan Xpander Cross HEV di Thailand menggunakan teknologi hybrid yang dinamakan e:Motion. Keduanya mengandalkan mesin baru berkapasitas 1.600 cc, yang digabungkan dengan motor elektrik serta baterai di lantai kabin.

Berdasarkan situs Mitsubishi Thailand, mobil yang dijual mulai dari 912 ribu baht (sekitar Rp435 juta) tersebut dapat menghasilkan tenaga 88,7 hp dan torsi 134 Nm. Sementara motor elektrik yang disuplai baterai lithium-ion punya tenaga 114 hp dan torsi 255 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya