Mobil Listrik Pertama Volkswagen Resmi Meluncur di GIIAS 2024

Mobil listrik Volkswagen ID.Buzz
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek Volkswagen (VW) di Indonesia memperkenalkan mobil listrik pertamanya di pasar Tanah Air, yakni The Electric ID.Buzz.

Ada yang Aneh dengan Tesla Cybertruck Pertama di Indonesia

Kendaraan ini pertama kali muncul di ajang 2017 North American International Auto Show. Sementara untuk versi produksinya dimulai pada Juni 2022 lalu.

VW ID.Buzz ini menggunakan bahasa desain dari sang legenda VW T1 yang juga dikenal sebagai VW Dakota di Indonesia.

Biaya Perbaikan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Model Biasa

Mobil listrik Volkswagen ID.Buzz

Photo :
  • Arianti Widya

Badawi Marhasan selaku Head of Sales Volkswagen Indonesia mengatakan bahwa mobil listrik ini mendefiniskan ikon baru dari sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah di Indonesia.

Jualan Mobil Listrik, Xiaomi Rugi Rp3 Triliun

"The All-Electric ID.Buzz ini merupakan langkah pertama Volkswagen dalam mendukung perkembangan elektrifikasi di Indonesia," ujarnya dikutip VIVA Otomotif dalam acara peluncuran di Hall 3, ICE BSD, Tangerang.

The All-Electric ID.Buzz memiliki wheelbase lebih panjang dan berkapasitas 6 penumpang, dengan kapasitas bagasi yang lebih luas.

Pada ajang GIIAS 2024, VW hanya sekadar memajang ID.Buzz dan berencana untuk memasarkannya pada minggu kedua November tahun ini.

Untuk diketahui, ID.Buzz merupakan penerus dari generasi microbus Volkswagen di Indonesia sejak kehadiran VW Type 2 (T1) pertama kalinya di tahun 1950-an, yang kemudian dilanjutkan oleh T2 (Kombi) pada akhir 1960-an hingga pertengahan 1980-an.

Kepopuleran VW Kombi begitu mengental di kalangan penggemar VW di tanah air, sehingga keberadaanya menginspirasi terbentuknya sebuah komunitas yang bernama Volkswagen Van Club pada tahun 1981.

Eksistensi VW Kombi terus berlanjut pada tahun 1992, ketika Volkswagen T4 atau yang akrab disebut VW Caravelle  dipergunakan sebagai kendaraan resmi dalam perhelatan KTT Negara-negara Non Blok di Indonesia.

Sejalan dengan perjalanan sejarah, keberadaan Volkswagen ini terus berlanjut dengan kehadiran Volkswagen generasi T5 dan T6 dan hingga kini, ID.Buzz.

The All-Electric ID.Buzz dibanderol dengan harga Rp1.3 Miliar berstatus on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya