Dua Mobil Elektrifikasi Kia Meluncur di GIIAS 2024, Harga Capai Rp1 Miliaran

Dua mobil elektrifikasi KIA di GIIAS 2024
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS tahun ini, PT Kreta Indo Artha (Kia) menghadirkan ragam pilihan mobil listrik terbaru untuk konsumen Indonesia.

Konsumen Indonesia Mulai Beralih ke Smartphone Harga Rp7 jutaan

Adapun kendaraan tersebut meliputi, Kia EV9 Earth dan Carnival Hybrid. Kedua kendaraan ini ditujukan untuk mendorong percepatan elektrifikasi di Tanah Air.

Ario Soerjo selaku Marketing & Development Division Head PT KIA mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung Pemerintah dalam mempercepat era elektrifikasi dengan menyediakan ragam pilihan mobil listrik untik konsumen.

Curhat Peritel Merasa Diabaikan Pemerintah karena Aturan Ini

"Melalui ajang pameran otomotif GIIAS 2024 ini, Kia menghadirkan mobil listrik EV9 varian Earth dan Carnival Hybrid," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di Hall 3A, ICE BSD, Tangerang.

Kia carnival hybrid

Photo :
  • Arianti Widya
Kejutan AHM di Hari Pelanggan Nasional untuk Pemilik Motor Honda

Untuk Carnival Hybrid, kendaraan ini mendapatkan berbagai pembaruan terbaru, terutama pada bagian eksterior yang kini tampil lebih stylish dan modern.

Terkait spesifikasi, Carnival Hybrid mengusung mesin bensin 1.600 cc turbocharged, yang dipadukan dengan motor listrik 54 kW dan menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan.

Dengan konfigurasi tersebut, mobil hybrid ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 242 hp dengan torsi 367 Nm.

Daya yang dihasilkan memang tidak terlalu besar, namun mampu menghadirkan penghematan bahan bakar yang tinggi.

Hal tersebut merupakan faktor penting, yang bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih sebuah mobil yang masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle (MPV), yang cocok untuk keluarga besar.

Kemudian untuk Kia EV9 Earth ini diluncurkan setelah PT KIA menghadirkan Kia EV9 GT-Line tahun lalu.

Kia EV9 Earth

Photo :
  • Arianti Widya

"Sebelumnya, kami telah meluncurkan Kia EV9 GT-Line tahun lalu dan ternyata mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami menghadirkan varian kedua dari Kia EV9, yakni Earth," kata Ario.

Ario mengatakan perbedaan model Earth dengan varian EV9 GT-Line terdapat pada kapasitas kursi penumpang.

Bila Kia EV9 GT-Line berkapasitas 9 seater, untuk varian Earth ini hanya mampu menampung sebanyak 7 penumpang.

Kia EV9 Earth menawarkan paket baterai 99,8 kWh yang lebih besar dan dua motor listrik gabungan, menghasilkan tenaga sebesar 380 hp dan torsi 700 Nm.

Paket baterai yang lebih besar meningkatkan jangkauan EV9 Earth menjadi 512 km dengan sekali pengisian daya.

Varian Earth ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti Surround View Monitor, Blind-Spot View Monitor, Parking Collision Avoidance Assist Reverse, dan logo roda kemudi yang menyala.

Terkait harga, mobil listrik Kia EV9 Earth dibanderol Rp1.55 Miliar dan mobil Hybrid Carnival dilego Rp1.38 Miliar. Keduanya berstatus on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya