Mobil Baru Suzuki Mendarat di GIIAS, Diduga Suzuki Fronx Pengganti Ignis

Mobil baru Suzuki di GIIAS 2024
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Suzuki Fronx sebagai mobil SUV kompak pengganti Ignis diduga akan meluncur di pamean Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang, yang berlangsung pada 18-28 Juli.

Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Menurut pantauan Viva Otomotif di area hall 8C, ICE BSD, Tangerang Selatan, terdapat satu mobil SUV kompak yang secara siluet agak mirip Grand Vitara tertutup selubung, diduga mobil tersebut Fronx, namun desain velg agak berbeda dari versi India.

Suzuki Fronx / Maruti Fronx

Photo :
  • Team-BHP
Suzuki Siapkan SUV Kompak Facelift dengan Teknologi Hybrid

Bahkan sebelum dirilis di GIIAS, baru-baru ini Suzuki Fronx dalam wujud kamuflase kepergok kamera sedang uji coba di jalan, seperti yang diunggah oleh beberapa akun Instaram.

Terlihat mobil dengan bentuk SUV kompak berlogo Suzuki berkeliaran di jalan dengan pelat nomor Jakarta. Jika melihat dari desain eksteriornya, sekilas mirip Fronx, atau versi tinggi dari Baleno hatchback.

Diam-diam Harga Hyundai Sante Fe Hybrid Sudah Terdaftar, Siap Jegal CR-V

Mobil SUV dengan konfigurasi 5-penumpang itu masih satu platform dengan Baleno, namun dibuat lebih jangkung dengan menyesuaikan sektor kaki-kakinya, serta perubahan pada desain eksterior, interior, dan powertrainya.

Suzuki Fronx sudah dijual di India sejak tahun lalu, memiliki konfigurasi 5-penumpang seperti Baleno, namun dibuat lebih jangkung agar menegaskan kesan crossover. Sehinga ada perubahan dari sektor kaki-kaki.

Dimensinya lebih kecil dari HR-V, Yaris Cross, atau Grand Vitara, karena panjangnya hanya 3.995 mili meter, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm dengan jarak poros roda depan ke belakang 2.520 mm.

Hanya sedikit lebih besar dari Baleno, namun jika berkaca dari ukurannya maka mobil terbaru Suzuki lebih tepat menjadi pesaing Honda WR-V, Toyota Raize, atau Daihatsu Rocky.

Kehadiran Fronx ini adalah sebagai pengganti Ignis yang selama ini meramaikan segmen mobil perkotaan, dan kini naik kelas menjadi SUV kompak namun dengan harga terjangkau.

“Sesuai dengan rencana korporasi kami yang secara bertahap akan lebih fokus ke produk elektrifikasi seperti XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid, serta memperkuat keberadaan model-model buatan dalam negeri,” Marketing Direktur PT SIS, Harold Donnel saat dikonfirmasi Viva Otomotif.

Soal jantung pacunya, Suzuki Fronx punya dua powertrain. Pertama mesin bensin tiga silinder 1.000cc turbo yang dilengkapi mild hybrid, dan kedua 1.200cc tanpa teknologi hybrid ringan.

Booth SEVA di GIIAS 2024

SEVA Cetak Rekor Baru di GIIAS 2024

Fitur Instant Approval menjadi andalan SEVA, memberikan kepastian persetujuan kredit mobil baru dalam waktu kurang dari 30 menit.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2024