Sinyal Kuat Daihatsu Rocky Hybrid Dijual di RI, Kembali Hadir di GIIAS 2024

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2024
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Daihatsu Rocky Hybrid akan kembali dipamerkan oleh PT Astra Daihatsu Motor di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli.

Jegal Rocky dan Raize, Ini Bocoran Harga dan Spek Hyundai Venue yang Meluncur di RI

Mobil SUV kompak yang sudah dijual di Jepang itu sempat dipamerkan di Indonesia sejak 2022 di salah satu acara otomotif, dan beberapa kali dipamerkan, hingga kepergok kamera sedang uji coba di jalan.

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Awal Semester Kedua Ini Mobil Honda yang Paling Dicari Orang

Namun setelah diperkenalkan di Indonesia, di negara asalnya mobil Rocky e-Smart Hybrid di recall lantaran masalah pada ECU (Electronic Control Unit), serta kesandung kasus uji tabrak.

Tapi kini mobil SUV kompak dengan penggerak listrik tersebut sudah kembali dipasarkan. Bahkan menurut pantauan Viva Otomotif di ICE BSD, produsen mobil Daihatsu itu kembali menghadirkan Rocky Hybrid.

GIIAS 2024 Dongkrak Penjualan Mobil Honda di Juli 2024, Brio Masih Terlaris

Mobil ramah lingkungan itu dipajang di booth, dan sudah tertutup cover. Pada sektor kaki-kaki sudah dimodifikasi, menggunakan ukuran velg lebih besar, dengan ban dual purpose.

Rocky Hybrid menggabungkan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.200cc non turbo dengan motor listrik, dan baterai. Namun mesin pembakarannya itu bukan untuk menggerakan roda, melainkan sebagai genset untuk mengisi daya baterai ketika diperlukan.

Karena tugasnya bukan untuk menggerakkan roda, melainkan mengisi baterai Lithium-ion berdaya 4,3 ampere per hour jika habis. Artinya sistem kerja teknologi e-Smart buatan Daihatsu serupa dengan sistem hybrid Nissan e-Power.

Secara utuh roda depan digerakkan oleh dinamo, atau motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 105 dk atau 78 kilowatt, dan torsi 170 Nm. Tidak butuh girboks, atau susunan gigi di transmisi seperti kendaraan konvensional  sama seperti Nissan Kicks e-Power.

Agar tidak memakan tempat atau mempersempit ruang bagasi, dan kabin, Daihatsu meletakkan baterai di bawah kursi belakang yang disesuaikan dari versi standar.

Fitur lain yang serupa dengan mobil ramah lingkungan Nissan seperti Leaf dan Kicks adalah Smart Pedal atau S-PDL. Fungsinya hanya dengan satu pedal pengemudi bisa memacu kecepetan sekaligus melakukan pengereman.

Saat pedal gas diinjak otomatis mobil akan berjalan, namun ketika dilepas ada penurunan tenaga seakan-akan seperti engine brake yang membantu menghentikan laju mobil. 

Perusahaan raksasa asal Jepang itu mengklaim konsumsi bahan bakar Rocky Hybrid untuk mesin bensinya 28 kilometer per liter, atau setara 3,57 liter per 100 km yang merupakan hasil pengujian WLTC atau Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya