Porsche Kirim Lebih dari 155 Ribu Unit Mobil Pada Semester Pertama 2024

Porsche Experience Center Singapura
Sumber :
  • Porsche AG

Jakarta – Pabrikan mobil mewah asal Jerman, Porsche mencatatkan penjualan retail sebanyak 155.945 unit kendaraan di seluruh dunia pada Januari sampai Juni 2024. Angka tersebut diketahui turun 7 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Mengendarai Mobil saat Pergi Terasa Lebih Lama daripada Pulang, Kok Bisa?

Penurunan penjualan disebabkan oleh adanya pembaruan lima seri model kendaraannya, yaitu Cayenne, Panamera, Macan, Taycan, dan 911. Masa transisi tersebut mengakibatkan kesenjangan di masing-masing model dan pasar.

Detlev Von Platen selaku Member of the Executive Board for Sales and Marketing di Porsche AG mengatakan bahwa meski terdapat penurunan, tapi pihaknya berhasil menghadirkan kendaraan-kendaraan yang inovatif.

Baru Tahu Kenapa Mobil Punya Lubang Tangki di Kiri dan Kanan

"Dengan jajaran model yang paling kuat dalam sejarah perusahaan, pelanggan dapat mengandalkan kami. Bahkan dalam lingkungan pasar yang menantang, kami bisa menghadirkan mobil sport yang inovatif dan performa menarik," ujarnya dikutip VIVA Otomotif dalam keterangan resmi.

Platen mengungkapkan pada pertengahan pertama 2024, penjualan Porsche terlihat stabil meski terdapat tantangan di masing-masing pasar wilayah penjualan.

Tesla Cybertruck Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Rp5 Miliar

VIVA Otomotif: Peluncuran SPKLU untuk mobil listrik Porsche

Photo :
  • Dok: Casion

"Hal ini pun menegaskan bahwa kami dapat terus secara konsisten mengejar strategi penjualan, yang berorientasi pada nilai masa depan," ungkapnya.

Kemudian untuk di pasar Eropa selain Jerman, Porsche mengirimkan sebanyak 38.611 unit kendaraan kepada pelanggan pada paruh pertama tahun ini. Angka tersebut meningkat 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, di pasar dalam negeri Jerman, jumlah kendaraan yang dikirim bahkan naik sebesar 22 persen atau sebanyak 20.811 unit diserahkan ke konsumen.

Sementara di pasar China, produsen mobil sport ini telah mengirimkan 29.551 unit kendaraan dari Januari hingga Juni, menurun 33 persen. Alasan utama penurunan adalah situasi ekonomi yang kurang baik di pasar China dan fokus pada penjualan yang berorientasi nilai. 

Kemudian untuk wilayah Amerika Utara, Porsche mengirimkan 39.558 unit kendaraan. Angka ini menurun 6 persen.

Di pasar negara berkembang Porsche menjual 27.414 unit kendaraan, sama dengan pencapaian tahun sebelumnya.

Berdasarkan model kendaraan, Porsche Cayenne mencatatkan penjualan 54.587 unit pada paruh pertama 2024 dan meningkat sebanyak 16 persen. Sedangkan, Porsche Macan meningkat 18 persen dan sudah terjual 39.167 unit.

"Generasi baru SUV listrik sepenuhnya mencatatkan pesanan yang sangat memuaskan. Kendaraan pertama akan dikirimkan kepada pelanggan pada paruh kedua tahun ini," tutur Platen.

Lebih lanjut, mobil sport ikonik 911 mencatatkan penjualan naik sebanyak 8 persen, yaitu 28.212 unit. Panamera terjual 13.255 unit, angka ini turun 25 persen dan Taycan pada paruh pertama tahun ini terjual, 8.838 unit, turun tajam hingga 51 persen. 

Terakhir, model 718 Boxster dan 718 Cayman mencapai penjualan 11.886 unit. Angka penjualan ini naik 8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya