Mobil Hybrid Suzuki Calon Pesaing Toyota Raize Kepergok Uji Coba Jalan

Mobil baru Suzuki yang meluncur di GIIAS 2024
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak mau ketinggalan untuk memperkenalkan produk-produk barunya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Pilihan Motor Sport 150cc Terbaru, Ini Harga Termurah

"Ada satu global konsep car, dan beberapa Indonesia visioneri konsep car yang kita bawa. Gak cuma dua, makannya ada beberapa," ujar Marketing Direktur PT SIS, Harold Donnel.

Namun sebelum dirilis di pameran yang berlangsung pada 18-28 Juli tersebut, salah satu produk barunya sudah kepergok kamera sedang uji coba di jalan raya, diduga mobil hybrid.

Suzuki Luncurkan Motor Sport Baru

Melalui unggahan beberapa akun Instagram di media sosial, terlihat mobil dengan bentuk SUV kompak berlogo Suzuki berkeliaran di jalan dengan pelat nomor Jakarta, namun masih dalam balutan kamuflase.

Jika melihat dari desain eksteriornya, sekilas mirip Suzuki Fronx. Mobil tersebut merupakan versi gagah dari Baleno, strategi serupa yang dilakukan di Indonesia dengan memanfaatkan Ertiga menjadi XL7.

Uji Tabrak Toyota Raize Buatan Indonesia Cuma dapat 1 Bintang

Bedanya Baleno terlahir sebagai mobil hatchback dikembangkan menjadi SUV kompak, seperti yang pernah dilakukan Honda dengan menyulap Jazz menjadi HR-V yang sampai saat ini masih jadi yang terlaris di kelasnya.

Suzuki Fronx sudah dijual di India sejak tahun lalu, memiliki konfigurasi 5-penumpang seperti Baleno, namun dibuat lebih jangkung agar menegaskan kesan crossover. Sehinga ada perubahan dari sektor kaki-kaki.

Dimensinya lebih kecil dari HR-V, Yaris Cross, atau Grand Vitara, karena panjangnya hanya 3.995 mili meter, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm dengan jarak poros roda depan ke belakang 2.520 mm.

Artinya hanya sedikit lebih besar dari Baleno, namun jika berkaca dari ukurannya maka mobil terbaru Suzuki lebih tepat menjadi pesaing Honda WR-V, Toyota Raize, atau Daihatsu Rocky.

Bahkan sempat muncul dugaan, bahwa kehadiran Fronx ini adalah sebagai pengganti Ignis yang selama ini meramaikan segmen mobil perkotaan, dan kini naik kelas menjadi SUV kompak namun dengan harga terjangkau.

“Sesuai dengan rencana korporasi kami yang secara bertahap akan lebih fokus ke produk elektrifikasi seperti XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid, serta memperkuat keberadaan model-model buatan dalam negeri,” kata Harold saat dikonfirmasi Viva Otomotif, terkait Ignis berhenti dijual bulan ini.

Soal jantung pacunya, Suzuki Fronx punya dua powertrain. Pertama mesin bensin tiga silinder 1.000cc turbo yang dilengkapi mild hybrid, dan kedua 1.200cc tanpa teknologi hybrid ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya