Mobil Listrik Andalan Donald Trump Pernah Uji Coba di Luar Angkasa

Tesla Roadster generasi baru.
Sumber :
  • Teslarati

VIVA – Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menjadi perbincangan dunia, setelah terkena tembakan pada telinga kanannya saat kembali mengkampanyekan dirinya yang ingin menjadi orang nomor satu di AS.

BYD Masuk 3 Besar Mobil Terlaris di Dunia

Namun di luar dari kasus tersebut, seperti diketahui Donald Trump punya ketertarikan khusus dengan otomotif. Koleksi mobilnya tercatat ada Ferrari F430, Mercedes-Benz SLR McLaren, Mercedes-Benz Maybach, dan Tesla Roadster.

Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump dievakuasi segera setelah peristiwa penembakan saat dia berkampanye di Pennsylvania, Minggu, 14 Juli 2024.

Photo :
  • CNN
Pabrik Mobil VW di Ambang Krisis

Dari semua mobil yang dimilikinya, Tesla Roadter merupakan mobil kesayangannya yang kerap dikagumi, karena kendaraan ramah lingkungan racikan Elon Musk tersebut punya kemampuan yang cukup luar biasa.

Roadster merupakan produk termewah dari Tesla. Pemesanan mobil listrik tersebut dibuka sejak 2017, dan Elon Musk sempat berjanji akan mengirimkan unit ke tangan konsumen secara global pada 2023.

Korlantas Polri Susun Aturan Baru Penggunaan Lampu Rotator dan Sirine

Namun pengiriman unit sempat ditunda, artinya untuk memiliki mobil tersebut butuh inden bertahun-tahun. Saat keran pemesanan dibuka, harganya disebut 200 ribu dollar Amerika, atau setara Rp3,2 miliar.

Mobil pelahap seterum tersebut dibekali baterai lithium-ion berdaya 200 kWh, sangat besar. Maka tidak heran jika menurut pengujian internal mereka, jarak tempuhnya diklaim mencapai 998 kilometer.

Roadster juga memiliki tenaga sangat buas, torsinya mencapai 10 ribu Nm. Kecepatan maksimalnya lebih dari 400 km per jam, dan untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam hanya butuh waktu 1,9 detik.

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi matik ke semua roda. Jika melansir situs resmi Tesla, bagi konsumen yang tertarik bisa membayarkan uang muka sebesar 45 ribu dollar, atau setara Rp700 jutaan.

Mobil dengan atap terbuka itu hanya memiliki dua pintu, dan dapat menampung 4 penumpang, meski dua penumpang di baris kedua hanya opsional, dan ruangnya tergolong sempir untuk orang dewasa.

Sebelumnya Roadster menjadi sorotan dunia, selain menjadi mobil listrik paling kencang di muka bumi, Elon Musk sebagai pemilik SpaceX menggunakan roket Falcon Heavy untuk melontarkan mobil tersebut ke luar angkasa.

Tepatnya pada 2018, Roadster keliling cakrawala dan terus melaju di kecepatan 82.263 kilometer per jam dengan penumpang boneka mirip astronot.

Dilansir dari laman Whereisroadster, mobil tersebut telah menempuh perjalanan luar angkasa sejauh 1,2 miliar kilometer sejak pertama kali diluncurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya