Segini Konsumsi BBM Mobil Hybrid Baru yang Meluncur di RI Pekan Ini

Mobil listrik Neta V-II
Sumber :
  • Neta Auto Indonesia

VIVA – PT Neta Auto Indonesia akan meluncurkan Neta L di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli.

Pusat Otomotif Indonesia di PIK 2 Siap Menggoda Orang Tajir Beli Mobil Mewah

Artinya tidak butuh waktu lama untuk Neta L menyapa masyarakat Indonesia, karena mobil hybrid tersebut debut global pada April 2024 di Beijing Auto Show.

Mobil Hybrid Neta Meluncur di GIIAS 2024

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo
Tips Berkendara Aman Pakai Mobil Listrik, Cocok untuk Pemula

"Neta L akan memulai debutnya dalam versi EREV (Extanded Range Electric Vehicle) dengan jarak tempuh hingga 1.070 kilometer dalam sekali pengisian daya," tulis keterangan resminya.

Neta L dipersenjatai mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.500cc dengan satu motor listrik sebagai penggerak roda belakang.

Untuk menggerakkan dinamonya berasal dari baterai LFP (Lithium Ferrophosphate) racikan CATL Shenxing yang diklaim bisa menerima daya besar untuk ultra fast charging, dengan jarak tempuh ribuan kilometer.

Ternyata Leasing Gak Langsung Tarik Mobil Kredit yang Nunggak Cicilan

Melalui keterangan resmi Neta Global, SUV yang punya dua sumber energi itu jarak tempuhnya sejauh 1.070 kilometer, dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh.

Berdasarkan pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle), mobil SUV hybrid itu bisa berjalan sejauh 310 kilometer hanya menggunakan tenaga listrik, dan konsumsi bahan bakarnya 5 liter per 100 km.

Sistem hybrid dari mobil racikan Tiongkok itu serupa dengan e-Power yang dimiliki Nissan. Mesin bensin tersebut bukan untuk menggerakkan roda, namun tugasnya hanya sebagai genset untuk mengisi baterai.

Ketika baterainya habis, otomatis mesin hidup. Artinya penggerak utama roda hanya dari dinamo, atau motor listrik. Sehingga bukan seperti hybrid paralel pada umumnya yang di mana mesin bensin juga menggerakkan roda.

Jika berkaca dari konsumsi BBM-nya, artinya satu liter bensin cukup untuk mengisi baterai sehingga mobil bisa berjalan 20 km dengan tenaga listrik murni.

Sebelumnya Product Planning Manager PT Neta Auto Indonesia, Jordy Angkawidjaja, mengatakan, bahwa ada dua produk baru yang diperkenalkan di GIIAS 2024, salah satunya medium SUV hybrid yang punya penggerak listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya