Kemenperin Buka Suara Soal Rencana Pabrik Mobil Listrik BYD di Indonesia

Handover Ceremony 1.000 Unit Mobil Listrik BYD
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Jakarta – Melihat tren saat ini, banyak produsen mobil listrik dari berbagai mancanegara yang mendorong keberadaan pabrik perakitan kendaraan di Indonesia.

Warga Korea Selatan Ramai-ramai Jual Mobil Listrik Miliknya, Ini Penyebabnya

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan komitmen pabrikan dalam membantu usaha Pemerintah untuk menuju Net Zero Emissions (NZE).

Salah satu merek otomotif yang dikabarkan siap membangun fasilitas produksi mobil listrik lokal ini ialah Build Your Dreams (BYD).

Ngeyel Pakai Mobil Bensin di IKN Bakal Kena Setop di Perbatasan

Komitmen tersebut disampaikan oleh Putu Juli Ardika selaku Plt Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian.

BYD Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya
Gak Tahu Kalau Mobil Listrik, Wanita Ini Menghina Chery Omoda E5

"(BYD) sebenarnya sudah membeli lahan untuk industri dan dia juga sudah menaruh jaminan untuk menghadirkan mobilnya ke Indonesia. Itu ucapannya BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), kita sudah menjalankan," ujar Putu dikutip VIVA Otomotif di Gedung Kementerian Perindustrian, belum lama ini.

Putu pun menegaskan bahwa meskipun terlambat, namun BYD menunjukkan komitmen untuk merakit mobil listriknya secara lokal.

"Bakal produksi di Indonesia, jangan khawatir. Kita telat saja sedikit," tuturnya.

Ia menambahkan, "Apalagi nanti kita lakukan harmonisasi dan kita membuat aturan lebih pro bisnis daripada Thailand,"

Adapun, Putu mengatakan BYD bakal melakukan peletakan baru pertama pembangunan pabrik pada tahun ini.

"Rencananya tahun ini, nanti kami lihat perkembangannya," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Luther T. Panjaitan selaku Head of Marketing BYD menyampaikan bahwa pihaknya memang sudah melakukan penandatanganan pembelian lahan di kawasan Industri Subang.

"Saat ini, BYD Indonesia dalam tahap proses pembangunan pabrik yang sudah ditandai dengan penandatanganan pembelian lahan di kawasan industri Subang Smarpolitan beberapa waktu lalu," ujarnya saat dihubungi VIVA Otomotif pada beberapa waktu lalu.

Sayangnya, Luther tidak menjelaskan lebih lanjut terkait tahun pasti pabrik produksi mobil listrik BYD di Indonesia ini akan terwujud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya