Fungsi 9 Fitur ADAS di Mobil Listrik Neta V-II yang Bikin Aman Berkendara

Mobil listrik Neta V-II
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Bandung, 11 Juli 2024  –  Mobil listrik Neta V-II tak cuma hadir dengan pembaruan desain dan baterai saja dari model sebelumnya, tapi juga dibekali oleh 9 fitur Advanced Driving Assitant System (ADAS). Di mana, lebih banyak dari model Neta V.

Banyaknya Merek Pendatang Baru Bikin Harga Mobil Listrik Turun

Yakni, Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping System (ELKS), dan High Beam Assist (HBA).

Jadi sekarang ini fitur ADAS-nya lebih lengkap sehingga konsumen bisa merasa lebih aman dan nyaman lagi berkendara menggunakan mobil listrik Neta V-II ini," ujar Wahyu Handaya, Training Manager PT Neta Auto Indonesia (NAI) di Bandung, Jawa Barat, Selasa 9 Juli 2024.

Terpopuler: Keluhan Pengguna Esemka Bima, Dispensasi SIM Mati

Produksi Neta V-II di pabrik HIM Bekasi.

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA Otomotif mendapat kesempatan untuk mencoba beberapa fitur ADAS pada Neta V-II dalam acara media test drive di Kota Kembang. Salah satunya adalah Full-speed Adaptive Cruise Control (ACC).

Kawin Silang Hyundai dan GM Siap Lahirkan Mobil Listrik dan Hidrogen

Fitur ini sangat membantu saat mobil dalam kondisi sedikit macet atau di lampu merah. Fitur ini memungkinkan mobil untuk menyesuaikan kecepatan secara otomatis dengan kendaraan di depan, memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudi.

Selain itu, ada juga fitur Traffic Jam Assist (TJA) sangat membantu dalam mengatasi kemacetan, dengan mengatur akselerasi dan deselerasi mobil secara otomatis. Saat memasuki daerah dengan lalu lintas yang lebih lancar, Integrated Cruise Assist (ICA) memberikan bantuan lebih dengan menjaga jarak aman dari kendaraan di depan.

Cara mengaktifkan fitur ADAS pada Neta V-II dengan menurunkan 2 kali tuas transmisi dengan kecepatan minum 10 Km/jam. Hingga muncul logo ADAS pada panel instrumen.

Berikut penjelasan singkat 9 fitur ADAS pada NETA V-II:

FCW (Forward Collision Warning)
Fitur tersebut berfungsi guna mendeteksi adanya potensi tabrakan di bagian depan. Akan muncul peringatan dalam bentuk suara dan tampilan visual pada monitor.

AEB (Automatic Emergency Braking)
Fitur ini memungkinkan kendaraan melakukan pengereman darurat ketika dianggap akan terjadi kecelakaan. Pengereman sendiri dilakukan sesuai dengan tingkat bahaya yang dihadapi.

FSA (Front Vehicle Start Alert)
Terdapat notifikasi pada kendaraan apabila mobil atau objek di depan sudah berjalan menjauh. Fitur FSA berguna saat unit berhenti di lampu merah.

ACC (Full-Speed Adaptive Cruise)
Teknologinya berguna untuk memudahkan para pengemudi. Sehingga sopir tidak perlu menginjak pedal gas.

TJA (Traffic Jam Assist)
Fitur TJA cukup mirip dengan ACC namun lebih spesifik mengatur bukaan gas dan rem pada kondisi kemacetan. Walhasil pengendara bisa mengistirahatkan kaki.

ICA (Integrated Cruise Assist)
Berfungsi untuk mengatur jarak dengan kendaraan di depan. Sehingga bisa menambah rasa aman dalam perjalanan.

LDW (Lane Departure Warning)
Menjaga laju Neta V-II dengan bantuan marka jalan. Sehingga ketika tanpa sadar pengemudi abai keluar peringatan.

ELKS (Emergency Lane Keeping System)
Untuk mengoreksi laju mobil ketika pengendara tidak sadar keluar lajur. Fitur ini juga mengandalkan marka jalan.

HBA (High Beam Assist)
Manfaat dari fitur HBA adalah ketika masuk ke wilayah tanpa lampu jalan. Komputer akan mengatur lampu untuk mengaktifkan high beam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya