Selama 6 Bulan Puluhan Juta Orang Cari Mobil Bekas, Ini Model Paling Diburu

Mobil bekas di OLXmobbi Cilandak
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Mobil bekas menjadi jalan alternatif bagi sebagian orang memiliki kendaraan roda empat. Selain harga lebih terjangkau, pilihan model dan brand yang bisa didapatkan lebih beragam dibandingkan kondisi baru.

BMW Cemaskan Industri Mobil Bakal Ketergantungan Baterai Asal China Jika Hal Ini Terjadi

Ada berbagai cara meminang mobil dalam kondisi bekas pakai. Umumnya masyarakat melalukan pembelian melalui showroom yang tersebar di pinggir jalan atau bursa mobil bekas, dari pemilik langsung, lelang, atau online.

Pesatnya perkembangan teknologi, pencarian mobil bekas melalui platform online semakin meningkat. Bahkan OLX Indonesia mencatat, ada puluhan juta orang RI yang mencari mobil bekas dari aplikasi tersebut selama periode Januari-Juni 2024.

Mengejutkan Isi Garasi Pj Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi yang Gantikan Heru Budi

Direktur OLX Indonesia Agung Iskandar mengatakan, selama semester satu tahun ini, total pengunjung iklan baris mencapai 20 juta orang baik melalui mobile maupun website, yang mana sekitar 11 juta pengunjung berasal dari wilayah Jabodetabek. 

"Kami memiliki sumber data yang besar, di mana iklan baris kami menjadi acuan untuk membaca tren pasar mobil bekas di Indonesia. Pada periode Januari sampai dengan Juni ini, pencarian mobil bekas di OLX cukup stabil dan tren masih terus positif," ujar Agung, dikutip dari keterangannya, Rabu 10 Juli 2024.

Paula Verhoeven Diduga Transfer Uang Buat Pria Lain yang Cukup Beli Mobil Ini

Lebih lanjut dia menjelaskan, selain Jabodetabek puluhan juta orang yang mencari mobil bekas itu berasal dari Surabaya, Bandung, area Jawa Tengah seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, dan wilayah Sumatra seperti Medan, Pekanbaru, dan Pelembang. 

Sementara tipe mobil bekas yang paling banyak dicari orang RI alam periode tersebut adalah SUV (Sport Utility Vehicle), MPV (Multi Purpose Vehicle), dan hatchback, namun dari semua jenis itu masih didominasi dari brand Jepang.

Dalam keterangannya dijelaskan, brand yang paling banyak diminati antara lain Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.

Kemudian untuk merek mobil bekas yang paling jadi favorit orang Indonesia selama satu semester di tahun ini adalah Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Honda HR-V, Toyota Fortuner, dan Honda Brio.

Seperti diketahui, mobil-mobil bekas tersebut cendrung dalam kondisi barunya laku keras, dan menjadi pemimpin di masing-masing segmen. Tidak heran jika kondisi bekasnya paling banyak dicari, karena mengakomodir konsumen yang punya budget terbatas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya