Segini Konsumsi Daya Baterai Baru Mobil Listrik Neta V-II Dipakai Jakarta-Bandung

Mobil listrik Neta V-II
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Jakarta, 9 Juli 2024 –  Neta V-II yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia mendapatkan banyak ubahan dari model sebelumnya, salah satunya adalah baterai. Redaksi VIVA Otomotif mendapat kesempatan untuk mengetes efisiensi daya baterai mobil ramah lingkungan ini.

Pabrik Bahan Baterai Mobil Listrik Neo Energy Dibangun, Airlangga Pede Dongkrak Ekonomi Morowali

Neta V-II adalah mobil listrik pertama mereka yang diproduksi di dalam negeri dengan memanfaatkan pabrik PT Handal Indonesia Motor, yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jakarta Barat. Crossover tanpa emisi itu mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP.

Di mana berdaya 36,1 kWh yang diklaim jarak tempuhnya 401 kilometer, dan sudah mendukung sistem pengisian cepat alias DC CCS2. Untuk pengisian baterai dari 30 persen, sampai 80 persen hanya 30 menit.

Kawin Silang Hyundai dan GM Siap Lahirkan Mobil Listrik dan Hidrogen

Mobil listrik Neta V-II

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Sedangkan pada Neta V sebelumnya 40,7 kWh dengan jarak tempuh 384 km berdasarkan pengujian NEDC. Neta V-II motor listriknya menghasilkan tenaga 70 kW atau setara 93 daya kuda dan torsi 150 Nm, cukup untuk melaju dengan lincah di jalanan perkotaan maupun luar kota.

Menjelang Akhir Tahun Lebih dari 23 Ribu Mobil Listrik Terjual di RI

Hingga akhirnya, VIVA mendapat kesempatan untuk mengetes efisiensi baterainya. Pengetesan dimulai dealer Neta Kelapa Gading, Jakarta Utara menuju hotel di daerah Cihampelas, Bandung, Selasa 9 Juli 2024.

Kondisi baterai terpantau berada pada level 98 persen saat keberangkatan. Perjalanan pun dimulai melewati jalan tol, tapi VIVA dan rekan jurnalis lainnya sempat beristirahat di rest area KM 72 Cipularang.

Pada titik ini mobil sudah menempuh jarak sejauh 66,7 km sementara sisa baterai 71 persen. Perjalanan pun dilanjutkan sampai ke tujuan, alhasil total trip jarak 131,6 km. 

Mobil listrik Neta V-II

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Sesampainya di lokasi yang sudah ditentukan sisa baterai masih ada 42 persen lagi. Dengan kondisi itu, V-II pun masih mampu menempuh 167 km lagi sebelum baterainya benar-benar habis.

Sebagai catatan, gaya mengemudi pada Neta V-II ini dilakukan secara normal tanpa adanya irit-iritan. Kondisi lalu lintas juga cukup normal, dan mobil total diisi oleh empat orang.

Sementara itu, Neta V-II juga dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Di mana, dilengkapi oleh Sistem Smart Driving dengan 9 fungsi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

Yakni, Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- Speed Adaptive Cruise (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Emergency Lane Keeping System (ELKS), dan High Beam Assist (HBA).

Produksi Neta V-II di pabrik HIM Bekasi.

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

“Media Test Drive kali ini menjadi sebuah kesempatan bagi kami NETA Indonesia, untuk memberikan pengalaman langsung berkendara dengan NETA V-II dan mengeksplor semua fitur canggih dan inovatif kepada rekan-rekan media,” terang Jerry Huang, Managing Director NETA Auto Indonesia.

“NETA V-II tidak hanya menawarkan kenyamanan dan keamanan, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang modern dan menyenangkan. Fitur-fitur keamanannya yang canggih sangat membantu, terutama saat berada di jalan tol dan area kemacetan," lanjutnya.

Neta V-II ditawarkan dengan harga Rp299.000.000 on the road Jakarta, menjadikan mobil ini pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya