Eks Petinggi Daihatsu Dirikan Diler Mobil China di Cibubur

Diler Chery di Cibubur, Cileungsi, Kabupaten Bogor
Sumber :
  • Chery Sales Indonesia

VIVA – Chery merupakan brand pendatang baru yang menancapkan kuku bisnisnya sejak 2022. Saat ini jenama asal China itu menawarkan berbagai produk di segmen mesin pembakaran, serta listrik berbasis baterai.

Ratusan Unit Mobil China Tiba di Pelabuhan Indonesia, Punya Siapa?

Di bawah payung PT Chery Sales Indonesia (CSI), brand yang bermarkas di Wuhu tersebut fokus menjual mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle), untuk mesin bensin ada Tiggo 5X, Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, dan Omoda 5.

Chery Omoda E5 di IIMS 2024

Photo :
  • Dok: Chery Sales Indonesia
Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Sedangkan untuk meramaikan pasar mobil ramah lingkungan, mereka mengandalkan Chery Omoda E5. Baik konvensional, atau EV (Electric Vehicle) semuanya diproduksi lokal di pabrik PT Handal Indonesia Motor.

Bermodal lineup tersebut, Chery masuk urutan ke-10 dari daftar merek mobil terlaris di Tanah Air sepanjang Januari-Mei 2024. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil China itu dari diler ke konsumen 2.967 unit.

Mobil Listrik Pesaing BYD Dolphin Ini Dijual Rp172 Juta

Demi melebarkan sayapnya secara retail, Chery gencar mendirikan jaringan dilernya di berbagai wilayah di Indonesia dengan menggandeng perusahaan lain. Terbaru berdiri di Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diler Chery milik PT Cherindo Lamda Sejahtera itu sebenarnya sudah berdiri sejak 2022, namun kali ini menempati lahan baru seluas 1.716 meter persegi di Jalan Alternatif Cibubur KM6, Nagrak, Kecamatan Gunung Putri.

Jaringan penjualan tersebut menawarkan layanan 3S (sales, servis, dan spare part) dengan luas bangunan 1.200 meter persegi, di dalamnya terdapat showroom, dan bengkel untuk perbaikan, atau perawatan mobil.

Head of Brand Department PT CSI, Rifkie Setiawan mengatakan, hadirnya Chery Cherindo Cibubur menambah jaringan penjualannya menjadi 31 diler yang sudah beroperasi, dan ditargetkan 60 diler sampai akhir tahun ini.

“Chery terus memperluas jaringan dealer secara cepat di seluruh Indonesia, termasuk di Cibubur, yang merupakan daerah strategis permukiman premium,” ujar Rifkie dikutip dari keterangannya, Selasa 9 Juli 2024.

Menurutnya membuka beberapa diler baru di berbagai lokasi strategis tidak hanya sebagai bentuk komitmen persusahaan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, dan memberikan akses mudah mendapatkan produk.

“Tapi juga sebagai bukti  bahwa Chery telah mendapatkan kepercayaan penuh oleh masyarakat sejalan dengan perkembangannya yang meningkat secara signifikan di Indonesia,” tuturnya.

Berdirinya jaringan penjualan mobil Tiongkok di area Cibubur ternyata ada peran mantan petinggi Daihatsu Indonesia, yaitu Amelia Tjandra yang merupakan eks Marketing Director and Corporate Planning & Communication Direktur PT Astra Daihatsu Motor.

Kini wanita yang menghabiskan karirnya di brand mobil Jepang menjadi bagian dari mobil China, menjabat sebagai Presiden Direktur PT Cherindo Lamda Sejahtera. Dan dia yakin bahwa diler yang dikelolanya saat ini akan mendongkrak penjualan.

“Kami optimis dengan kehadiran Chery Cherindo Cibubut di daerah Cibubur yang strategis ini, mengingat pertumbuhan populasi yang tinggi di daerah ini, dan minat masyarakat yang besar terhadap produk-produk Chery,” kata Amel sapaan akbranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya