Punya Uang Segini Pilih Kijang Innova Zenix atau Fortuner Bekas

Jual beli mobil bekas di Carro
Sumber :
  • VIVA/M Indra Nugraha

VIVA – Toyota Fortuner dan Kijang Innova Zenix menjadi salah satu produk terlaris Toyota di pasar Indonesia. Sebagian orang bermimpi ingin punya salah satu dari mobil tersebut, baik dalam kondisi baru, atau bekas.

Gak Nyangka Innova Reborn Lebih Diburu Orang daripada Innova Zenix Bekas

Buat konsumen yang punya keuangan terbatas, beli dalam kondisi bekas menjadi jalan alternatif. Namun jika memiliki tabungan Rp350-400 juta sepertinya akan bingung buat memilih Fortuner, atau Innova Zenix bekas.

All New Kijang Innova Zenix Hybrid

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Yakin Mau Kredit Innova Zenix Bekas, Segini DP dan Cicilan Paling Murah

Sebab harga keduanya berbeda tipis, namun tahun produksinya berbeda. Dengan badget segitu, Fortuner bekas yang bisa dibeli lansiran 2017-2019, tergantung kondisi, namun statusnya sudah generasi terbaru.

Fortuner terbaru pertama kali dijual di Indonesia pada 2016, dan masih dijual sampai saat ini namun sudah mendapatkan penyegaran alias facelift. SUV tersebut masih satu platform dengan Kijang Innova lawas, atau Hilux.

Fortuner Pelat Dinas dan Taksi BlueBird Cekcok saat Macet di Terowongan Semanggi

Mengandalkan ladder frame sebagai kontruksi utamanya. Sasis model tangga itu kerap digunakan untuk mobil yang tangguh di segala medan jalan, termasuk off-road, tidak seperti monokok yang digunakan mobil perkotaan.

Untuk mendukung ketangguhannya di berbagai jalan, SUV dengan konfigurasi 7-penumpang tersebut memiliki suspensi depan belakang model double wishbone dan koil spring lengkap dengan stabilizer.

Pengereman depan belakang sudah disk brake yang didukung ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic force Brake Distribution). Untuk harga bekas dengan rentan harga tersebut, konsumen sudah bisa mendapatkan Fortuner bermesin diesel turbo berkapasitas 2.400cc serupa dengan Innova Reborn.

Sedangkan jika uang itu digunakan untuk meminang Innova Zenix hanya mendapatkan tipe G standar, atau varian terendah non hybrid yang dibekali mesin bensin 2.000cc. Tapi tahun produksinya lebih muda, yaitu 2022.

Tidak heran jika beberapa pedagang mobil bekas menyarankan jika memiliki uang dengan nominal tersebut, sebaiknya memilih Fortuner. Karena secara kelas lebih mewah, dan mendapatkan mobil yang lebih tangguh.

“Ini banyak pedagang bilang daripada beli Zenix mendingan beli Fortuner, atau Pajero Sport bekas,” ujar Viktor salah satu pedagang mobil bekas di kawasan Jakarta Barat, kepada Viva Otomotif, Jumat 5 Juli 2024.

Hal senada disampaikan Riswan Susilo Marketing LB Auto Sunter. Menurutnya jika punya uang Rp350-400 juta tidak ada salahnya memilih Fortuner, karena perawatan lebih mudah, dan tenaganya lebih besar diesel.

Aris sapaan akrabnya mengatakan, Fortuner 2.4 VRZ TRD matik buatan 2019 harganya Rp380 jutaan tergantung kondisi, ada juga yang jual lebih mahal dari itu. Tapi harga itu beda tipis dari Innova Zenix tipe terendah lansiran 2022.

“Kalau mau 2016-2017 Fortuner tipe yang sama Cuma Rp340-350 juta pasarannya. Lebih murah kan dari Zenix bekas Rp380 jutaan,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya